BerandaNewsEkonomiSalurkan Rp. 62 Miliar, BLT Dana Desa Trenggalek Target Selesai Akhir Maret...

Salurkan Rp. 62 Miliar, BLT Dana Desa Trenggalek Target Selesai Akhir Maret 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Trenggalek sudah dimulai sejak awal bulan Maret 2022 lalu. BLT Dana Desa Trenggalek ditargetkan selesai akhir Maret 2022, Sabtu (12/03/2022).

Merujuk data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Trenggalek, sebanyak 17.433 keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar di 14 Kecamatan dan 5 kelurahan serta 152 Desa.

advertisement

KPM di Trenggalek setiap bulannya menerima Rp. 300 ribu, dan penyaluran tahap pertama ini disalurkan 3 bulan langsung. Mulai Januari, Februari, Maret, totalnya setiap KPM menerima BLT Dana Desa sebesar Rp. 900 ribu.

Joko Susanto, Pelaksana Tugas (Plt) DPMD Trenggalek mengatakan alokasi BLT Dana Desa secara keseluruhan sebesar Rp. 62.755.908.800, jumlah tersebut adalah alikasi BLT Dana Desa tahun 2022.

“Jadi untuk Trenggalek sebanyak 17 ribu keluarga penerima manfaat, dan mulai bulan maret kemarin pihak desa menyalurkan bantuan dan target selesai akhir bulan Maret mendatang,” ucap Joko.

advertisement

Joko mengatakan, landasan penyaluran BLT Dana Desa adalah Perpres 104 tahun 2021 tentang rincian belanja anggaran negara tahun anggaran 2022. Serta merujuk peraturan menteri keuangan PMK.07/ tahun 2021 tentang pengelolaan Dana Desa.

“Merujuk dua landasan dasar itu, pemerintah desa diwajibkan untuk mengalokasikan 40% Dana Desanya untuk BLT DD,” tegas Joko.

Joko berharap penyaluran BLT Dana Desa itu bisa cepat selesai. Dirinya menargetkan jika awal Maret mulai disalurkan, dan akhir Maret semua sudah selesai dan di terima KPM.

“Kalau target kami satu bulan sudah tersalurkan, atau lebih cepat lebih baik, dan semoga dengan adanya BLT DD ini bisa membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19,” tandasnya.

advertisement

Berita Baru

Atasi Tindak Pemalsuan, Korlantas Polri Akan Terbitkan BPKB Elektronik

Kabar Trenggalek - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan...

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Viral Hari ini

Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan SSSTikTok, Mudah Tanpa Ribet

Kabar Trenggalek - Aplikasi media sosial (medsos) terbaru seperti TikTok membuat masyarakat banyak menyebar...

Berita Terkait