TRENDING

Inilah 8 Bansos yang Cair di Bulan Juni 2022

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemerintah terus membagikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Inilah 8 bansos yang cair di bulan Juni 2022.

Masing-masing bansos diberikan kepada penerima yang berbeda, dengan nominal yang berbeda juga. Proses pengecekan daftar nama penerima bansos juga berbeda, sesuai dengan link milik instansi penyalur.

Inilah 8 bansos yang cair di bulan Juni 2022:

1. Program Kartu Prakerja

advertisement

Program Kartu Prakerja diberikan untuk WNI berusia 18 tahun yang tidak sedang sekolah atau kuliah formal, serta tidak pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.

Kartu prakerja saat ini memasuki gelombang 31. Peserta yang lolos akan mendapatkan insentif atau BLT senilai Rp. 3,55 juta. Bantuan itu cair melalui BNI atau e-wallet (OVO, GoPay, DANA, atau LinkAjA).

Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link www.prakerja.go.id dengan menggunakan KTP, KK, dan foto selfie. Jika lolos seleksi, penerima bantuan Kartu Prakerja akan dihubungi melalui SMS dan email.

Baca juga: Segera Daftar, Program Kartu Prakerja Gelombang 31 Telah Dibuka

2. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Jumlah BT-PKLW yaitu Rp 300 ribu per orang untuk 2,76 juta penerima. Dengan pembagian untuk 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan. Bantuan ini disalurkan oleh TNI/Polri sejak April 2022.

ā€œPada tahun 2022, Pemerintah melanjutkan program BT-PKLW dengan tambahan nelayan sebagai penerima manfaat. Khusus untuk nelayan, ini adalah program pertama di tahun 2022 yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, dikutip dari laman Kemenkeu, Senin (14/03/2022).

3. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH diberikan kepada penerima yang masuk komponen kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

advertisement

Masing-masing penerima mendapatkan bantuan dengan nominal yang berbeda. Proses penyalurannya dilakukan dalam empat tahap setahun, setiap tiga bulan sekali melalui Himbara.

Target penerima dan besaran bansos PKH adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil dan balita, masing-masing Rp 3 juta per tahun.
  • Lansia dan penyandang difabilitas masing-masing Rp 2,4 juta per tahun.
  • Anak SD/sederajat: Rp. 900 ribu per tahun.
  • Anak SMP/sederajat: Rp. 1,5 juta per tahun.
  • Anak SMA/sederajat: Rp. 2 juta per tahun.

4. Bantuan Modal Kerja

Pemerintah menyalurkan BLT kepada para pedagang. Besaran bantuan modal kerja itu mencapai Rp. 1,2 juta. Bantuan modal kerja ini diberikan kepada pedagang, khususnya untuk warga yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi Covid-19 serta menghadapi harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang mahal.

5. BLT Minyak Goreng

BLT minyak goreng diberikan kepada pada masyarakat sebesar Rp 300 ribu per penerima.

Penerima BLT minyak goreng adalah para pedagang kali lima (PKL), keluarga penerima manfaat PKH serta BPNT. Penyaluran untuk BLT Minyak Goreng dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

6. Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT Gaji

BSU atau BLT gaji sejumlah Rp 1 juta disalurkan oleh pemerintah di bulan Juni 2022. Pemerintah menyiapkan anggaran sejumlah Rp 8,8 triliun.

Nantinya BLT gaji Rp 1 juta akan dibagikan kepada 8,8 pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Kemnaker menjelaskan, BSU 2022 masih dalam tahap merampungkan regulasi teknis hingga kriteria penerimanya. Oleh karena itu, belum ada kepastian terkait kapan BSU 2022 akan dicairkan.

ā€œSaat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyiapkan antara lain merampungkan regulasi teknis pelaksanaan BSU 2022, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kementerian Keuangan. Tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku bank penyalur,ā€ tulis Kemnaker dalam unggahan Facebooknya.

7. BLT Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

BLT UMKM sebesar Rp 600 ribu terus berlanjut pada Juni 2022. Pencairan BLT UMKM, akan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satria, mengatakan proses pencairan BLT UMKM baru akan dilakukan usai Lebaran. Sebelumnya, pencairan belum bisa dilakukan, karena masih menunggu anggaran dari Kementerian Keuangan.

8. BLT Dana Desa

Penyaluran BLT Dana Desa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 Tentang Rincian APBN tahun 2022. Dalam Perpres tersebut, sejumlah 40% Dana Desa dialokasikan untuk BLT Dana Desa.

Jumlah BLT Dana Desa yaitu Rp 300 ribu per bulan.

Penyaluran BLT Dana Desa di Trenggalek saat ini sedang proses penyaluran bulan kelima. Joko Susanto, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Trenggalek, mengatakan total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa di Kabupaten Trenggalek tahun 2022 tercatat sebanyak 17.788 KPM.

“Saat ini sedang proses penyaluran untuk bulan Mei di 152 Desa yang ada. Jadi total BLT DD yang disalurkan sebesar kurang lebih Rp. 5,33 miliar setiap bulannya,ā€ kata Joko Susanto, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Trenggalek, Senin (23/05/2022).

Joko menyampaikan, jika BLT Dana Desa sudah tersalur semuanya hingga bulan Mei 2022, maka ada sejumlah Rp. 26,68 miliar dana BLT Dana Desa yang tersalurkan.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT