BerandaNewsTeknologiDukung Presidensi G20, Trenggalek Bakal Punya Pembangkit Listrik

Dukung Presidensi G20, Trenggalek Bakal Punya Pembangkit Listrik

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Bendungan Tugu Trenggalek yang diresmikan Presiden Jokowi pada 30 November 2021, kini dilirik untuk jadi pembangkit listrik mikro hidro, Selasa (22/03/2022).

Dengan mendukung Presidensi G20, Trenggalek bakal punya pembangkit listrik. Hal itu disampaikan Mocahamad Nur Arifin, Bupati Trenggalek, saat menemani Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air (PPISDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR), Arvi Argyantoro.

advertisement

“Jadi kedatangan PPISDA dari Kementerian PUPR di Trenggalek menindak lanjuti upaya pemanfaat bendungan tugu ini dengan dihadirkan pembangkit listrik mikro hidro,” ujar Arifin.

Disinyalir, adanya wacana pembangkit listrik di Bendungan Tugu Trenggalek, sebagai upaya bentuk memitigasi sejak dini tentang perubahan iklim dan sejalan visi misi presiden RI sebagaimana dibahas dalam COP26 maupun Presidensi G20. Melalui program tersebut, pada tahun 2025, energi baru terbarukan di Indonesia ditargetkan berada pada angka 23%.

“Walau kami tidak memiliki urusan di bidang energi, namun kami dari pihak Pemkab mendorong tindak lanjut untuk adanya pembangkit listrik di bendungan tugu ini,” jelas Arifin.

advertisement

Arifin berharap, Bendungan Tugu, sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional itu, tak hanya berfungsi sebagai pengendali banjir dan penyimpanan air baku. Tapi ada fungsi yang lain seperti pembangkit listrik.

“Maka tugas kami terus koordinasi, dan nanti yang pertama jadi user adalah PLN, sebelum ke end user,” tutur suami Novita Hardini itu.

Di samping mengajukan izin kepada Kementerian PUPR terkait pemanfaatan Bendungan Tugu, Arifin juga membahas kerja sama dari sisi pembiayaan.

“Karena ini asetnya adalah aset Kementerian PU, kemudian nanti yang berinvestasi di sana ada PJB, ada pemerintah daerah yang dalam tanda kutip juga bekerja. Nanti beroperasi di sini apakah lewat BUMD-nya atau seperti apa. Nanti Pak Direktur biar mengarahkan lebih lanjut, dan yang paling penting listriknya nanti benar-benar termanfaatkan,” terang Arifin.

advertisement

Arifin menjelaskan, target yang akan dikerjakan pertama yaitu pengisian mikro hidro sebesar 0,4 megawatt.

Arifin berharap, ke depan pihaknya diizinkan untuk menggunakan bentangan genangan sesuai aturan yang 5% untuk digunakan floating solar panel.

“Juga nanti mungkin di tubuh main damnya tenaga surya juga bisa masuk, sehingga listrik yang dihasilkan nanti bisa lebih besar,” harap Arifin.

Direktur PPISDA Kementerian PUPR, Arvi Argyantoro, menegaskan bahwa kunjungannya kali ini untuk menindaklanjuti rencana Pemkab Trenggalek dalam memanfaatkan salah satu bagian dari Bendungan Tugu sebagai PLTMH.

“Jadi, kami akan mencoba mencari alternatif pembiayaannya seperti apa untuk kita bisa melakukan apa yang tadi diharapkan oleh Pak Bupati,” tandas Arvi.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait