BerandaNewsSosialBendungan Tugu Trenggalek, Rekomendasi Lokasi Ngabuburit Tunggu Buka Puasa 2022

Bendungan Tugu Trenggalek, Rekomendasi Lokasi Ngabuburit Tunggu Buka Puasa 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah sudah tiba, umat muslim umumnya menjalankan ibadah puasa sembari melakukan aktivitas normal sebelum puasa, Senin (04/04/2022).

Namun, menunggu waktu buka puasa adalah hal yang membosankan. Maka dari itu rata-rata umat muslim membiasakan diri untuk berkegiatan bahkan melakukan jalan-jalan atau biasanya disebut ngabuburit.

advertisement

Setelah diresmikan Jokowi pada tahun 2021 lalu, Bendungan Tugu Trenggalek yang dikerjakan selama 7 tahun itu kini menjadi salah satu rekomendasi ngabuburit di bulan puasa 2022 ini.

Bendungan Tugu Trenggalek, walaupun sudah diresmikan belum ada informasi tentang pembukaan secara umum Bendungan yang berkapasitas 12 juta juta meter kubik.

Walaupun belum dibuka saat ngabuburit, warga bisa menikmati pemandangan indah Bendungan Tugu yang berada ruas jalan Trenggalek-Ponorogo itu.

advertisement

Secarik sejarah bahwa Bendungan Tugu Trenggalek yang digadang-gadang dapat memberikan irigasi kepada petani itu sudah di rencanakan dibangun pada tahun 1984.

Realisasi pembangunan bendungan mulai dilakukan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ditandai dengan ground breaking pada 29 Januari 2014 oleh Wakil Menteri PUPR kala itu Hermanto Dardak. Pembangunan yang menggunakan anggaran tahun jamak dari APBN itu selesai pada akhir 2021.

Hingga tahap akhir pembangunan, alokasi anggaran pembangunan Bendungan Tugu mengalami peningkatan signifikan. Dari rencana awal sekitar Rp 500 miliar membengkak hampir empat kali lipat, menjadi Rp 1,69 triliun.

Progres pembangunan bendungan di Desa Nglinggis tersebut tak semulus yang direncanakan. Awalnya pelaksanaan pembangunan diproyeksikan memakan waktu selama empat tahun atau tuntas pada 2017. Namun faktanya, penyelesaian pembangunan molor dan berubah menjadi akhir 2021.

advertisement

Pembangunan waduk di Trenggalek tersebut tidak lepas dari konflik sosial di masyarakat, terutama menyangkut upaya pembebasan lahan. Berbagai reaksi masyarakat sempat muncul dan mengiringi tahap pembangunan. Bahkan aksi unjuk rasa juga sempat terjadi.

Tuntasnya pembangunan waduk tersebut membawa harapan besar bagi masyarakat Trenggalek, karena salah satu fungsinya adalah untuk mengendalikan potensi banjir.

Selain itu Bendungan Tugu juga akan menjadi destinasi wisata, mengingat lokasinya yang strategis berada di pinggir jalan nasional dan berdampingan langsung dengan kawasan rest area Anjungan Cerdas.

Bendungan Tugu Trenggalek memiliki daya tampung air 12 juta meter kubik, dengan luas area genangan mencapai 41,8 hektare. Waduk di perbatasan Trenggalek-Ponorogo tersebut diproyeksikan dapat mengairi lebih dari 1.200 hektare lahan pertanian dan sebagai instrumen pengendali banjir.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat ngabuburit tunggu puasa 2022, yang mungkin menjadi opsi kalian sebagai traveler sambil menunggu waktunya buka puasa.

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait