Berita Terkait

Warga Miskin Meningkat, Pemkab Trenggalek Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) menerjang Bumi Menak Sopal Trenggalek hingga membuat warga miskin meningkat, Kamis (06/01/2022).

Merujuk data yang dihimpun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, angka kemiskinan setiap tahun naik sejak tahun 2020.

- Advertisement -

Pada tahun 2019, penduduk miskin di Trenggalek masuk angka 10%, dan kini berjumlah total 12%. Angka kemiskinan di Trenggalek naik 2% atau setara dengan 16 ribu penduduk.

Baca juga: Angka Kemiskinan Naik, Kado Akhir Tahun 2021 Kabupaten Trenggalek

Peningkatan angka kemiskinan tersebut membuat Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, kelabakan untuk mencarikan solusi supaya bisa ditekan seminimal mungkin.

- Advertisement -

Lelaki yang akrab disapa Mas Ipin itu mengaku naiknya angka kemiskinan 2% itu tidak hanya terjadi di Trenggalek, namun secara umum di tingkat nasional.

“Ini ya karena dampak dari Covid-19 secara nasional juga angka kemiskinan naik,” ucap Mas Ipin.

Baca juga: Cara Akses Fitur Baru Kartu Prakerja, Lebih Mudah Lamar Pekerjaan Lewat Situs Resmi Tahun 2022

Solusi yang saat ini dilakukan Pemkab Trenggalek untuk menekan angka kemiskinan, yaitu adanya penambahan bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI dari 12 bulan menjadi 14 bulan dalam setahun.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Sosial dan Pak Presiden karena kami mendapat tambahan kuota bantuan sosial. Biasanya bantuan reguler hanya 12 bulan, sekarang ada tambahan 2 bulan,” ujar Mas Ipin.

Bantuan sosial itu juga diberikan dalam bentuk tunai. Mas Ipin berharap, bantuan tersebut bisa meningkatkan daya konsumsi masyarakat.

“Dan konsumsinya bisa lebih sensitif terhadap pemenuhan gizi dan kualitas hidup. Sehingga kemiskinan bisa tertanggulangi,” tandas Mas Ipin.

Baca juga tulisan lainnya di kabartrenggalek.com tentang EKONOMI

- Advertisement -

Berita Baru

sponsor