Perlu Diacungi Jempol, Kabupaten Trenggalek Rintis 100 Desa Wisata untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Perlu Diacungi Jempol, Kabupaten Trenggalek Rintis 100 Desa Wisata untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

Foto: Kabar Trenggalek

Kabar Trenggalek Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Trenggalek tindak lanjuti rencana Bupati Trenggalek dalam masa kepemimpinanya untuk membentuk 100 Desa Wisata, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah sampai mendalami profil desa yang akan didampingi prioritas Desa Wisata tahun ini, Jumat (04/06/2021).

Dalam menindak lanjuti progam Bupati mengenai Desa Wisata, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menjelaskan bahwasanya nantinya perintisan Desa Wisata akan di ampu oleh 1 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) 1 Desa Wisata. “Memang benar adanya terkait 1 OPD 1 Desa Wisata, tapi kami belum lakukan ploting desa mana yang diampu OPD tertentu, saat ini masih mendalami profil dan menggali potensi desa yang akan dicanangkan desa wisata Kabupaten Trenggalek,” jelas Sunyoto.

Untuk mematangkan progam prioritas 100 Desa Wisata tersebut tidak mudah membalikkan telapak tangan, jadi harus mendalami betul-betul profil setiap desa, bahkan yang paling sulit menyatukan presepsi terkait Desa Wisata ini, pertama kali ploting membuat quisioner untuk diisi oleh masing-masing desa wisata namun hal tersebut harus memberikan pemahaman betul-betul.

“Sebetulnya tahap awal kami mengirimkan sejumlah isian, namun dari hasil isian tersebut kita harus menyamakan presepsi dulu,” terang Sunyoto.

Untuk capai target 100 Desa Wiasata di Kabupaten Trenggalek kisaran 4-5 tahun kedepan, untuk tahun ini kita mendampingi 35 desa dan tahun kedua nanti akan bertahap, karena se-Kabupaten Trenggalek ada 152 desa, jadi nanti akan bertahap.

“Untuk penggalian profil desa, kali ini kami masih terus melakukan survey, dan yang sudah matang kisaran 15 desa, nanti kalau sudah genap 35 desa akan segera kami sampaikan ke OPD terkait pendampingannya, kalau masalah penunjukan OPD A mendampingi Desa A biar otoritasnya di tentukan Bupati Trenggalek,” tambahnya.

Dalam hal penggalian profil desa yang keperuntukannya sebagai bahan awal rintisan 100 Desa di targetkan minggu kedua bulan juni sudah selesai.

“Untuk target paling tidak minggu kedua bulan juni harus semua sudah rampung, dan tinggal eksekusi saja, sebenarnya target 100 desa wisata ini sebagai bentuk sebaran masyarakat di destinasi wisata, dan paling tidak menumbukan ekonomi rakyat, masalah kerja sama nanti juga bisa lewat melaluo BumdesMa,” pungkas Kepala Dinas Pariwisara dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto.

Exit mobile version