BerandaNewsEkonomiPengrajin Bonsai Aquatiq Asal Trenggalek Raup Untung Rp. 5 Juta Per Bulan

Pengrajin Bonsai Aquatiq Asal Trenggalek Raup Untung Rp. 5 Juta Per Bulan

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Pengrajin Bonsai Aquatiq asal Trenggalek raup untung Rp. 5 juta per bulan. Pria berumur 44 tahun tersebut merintis usaha sejak tahun 2016 di Kabupaten Trenggalek. Dengan berbekal akun sosial media, pangsa pasar diraih dengan maksimal, bahkan menurut pengakuannya wilayah nusantara sudah pernah dikirimi bonsai aquatiq karya miliknya, Jumat, (28/05/2021).

Berbekal motivasi, Nanang Subandi mampu membuat bahan dasar aquatiq dari pohon senggani menjadi pundi-pundi uang, mematok harga yang ramah di kocek dari kisaran 150 ribu, sampai dengan 1 juta, bahan mentah yang diambil dari petani lokal pria yang memiliki tempat tinggal di pegunungan ini mampu membuktikan akar senggani yang awal mula tanaman hama bisa diperjual belikan.

advertisement

“Awal mula saya itu komunikasi dengan saudara saya di luar kota, namun setelah menggali bahan bakunya, eh ternyata di Trenggalek kok banyak, jadilah belajar otodidak sampai sekarang ini,” jelasnya.

Nanang subandi juga mengakui bahwasanya di tengah pandemi covid-19 yang hampir menembus dua tahun ini, usaha miliknya tak berdampak sama sekali, karena ekspedisi pengirimannya masih berjalan dengan lancar.

“kalau urusan pandemi tidak terdampak sama sekali, malah-malah pesanan lebih banyak mungkin ini efek Work Form Home, masyarakat jadi ingin lebih terhibur saat di tengah pekerjaannya dengan aquascabenya,” tandasnya.

advertisement

Bapak 3 anak tersebut juga pernah belajar di Jakarta untuk mengasah ketrampilan selama 2 bulan, “Ya saya pernah belajar di jakarta, itupun belajar karena juga ikut kerja ada pesanan impor ke luar Negri,” ungkap pengrajin aquatiq.

Subandi juga sering menemukan kendala saat ada pesanan pengiriman keluar Negri karena ekspedisi di Kabupaten Trenggalek belum tersedia, sejauh pengalaman menjadi pengrajin aquatiq dari 2016 kendalanya cuman itu saja.

“Sebenarnya banyak, pesanan yang masuk dari luar negri namun ya di Trenggalek sendiri belum tahu ekspedisinya apa, kalau hal kesulitan itu saja sih,” pungkasnya.

advertisement

Berita Baru

Mengenang Perjuangan Rakyat Bersenjata dalam Peringatan HUT Ke-77 TNI di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kodim 0806 Trenggalek bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dan pihak...

Spoiler One Piece 1062: Petualangan di Pulau Ilmu Pengetahuan

Kabar Trenggalek - Setelah pada chapter 1061 yang terbit dua pekan yang lalu kita...

Ketua PCNU Trenggalek Tutup Usia, Mas Ipin: Tokoh yang Dicintai Masyarakat 

Kabar Trenggalek - Masyarakat Trenggalek dilanda duka atas wafatnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Viral Hari ini

Warga Trenggalek Rela Rogoh Kocek Dua Kali Lipat Demi Dapat Baju Adat

Kabar Trenggalek - Hari Jadi Trenggalek ke-828 tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, Pemerintah...

Berita Terkait