Lindu! Gempa Terkini Trenggalek, Susulan dari Pacitan

lindu gempa terkini trenggalek susulan dari pacitan

Gempa terkini Trenggalek hari ini/Foto: BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terkini Trenggalek hari ini, Sabtu (19/08/2023). Berdasarkan info BMKG hari ini, gempa bumi terjadi pukul 01.29 WIB.

BMKG menyampaikan, pusat gempa itu berada di koordinat 8.99 LS, 111.06 BT. Tepatnya, lokasi gempa di di laut pada jarak 90 km arah Barat Daya Pacitan, Jawa Timur.

BMKG menyampaikan, gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 5,0. Gempa bumi itu berada di kedalaman 10 km.

Guncangan gempa bumi terkinii tu dirasakan di daerah Pacitan, Gunungkidul, Bantul, Yogyakarta Trenggalek.

Daryono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, menyampaikan jenis gempa bumi dangkal terjadi akibat adanya aktivitas sesar dasar laut.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser [strike-slip]” terang Daryono melalui rilis resminya.

Menurut Daryono, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pacitan dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, serta tidak berpotensi tsunami.

“Daerah Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Daryono.

Sebelumnya, Setyoajie Prayoedhie, Kepala Stageof Sleman, menyampaikan bumi terjadi di Pacitan, dengan magnitudo 4,9 pada Jumat (18/08/2023).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar di dasar laut,” terang Setyoajie melalui rilis resminya.

Setyoajie mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diimbau menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Setyoajie.

Tindakan yang Harus Kamu Lakukan saat Gempa Bumi

1. Mengenali Tempat Tinggal

Mitigasi secara mandiri dapat dimulai dari persiapan sebelum terjadi gempa bumi. Diawali dengan mengenali tempat tinggal dan tempat bekerja, memastikan bahwa struktur bangunannya kuat, serta letak bangunan terhindar dari bahaya akibat gempa bumi seperti tanah longsor dan rekahan tanah.

Perabotan seperti lemari dan cabinet dapat diatur agar tidak roboh dengan menempelkannya pada dinding (dipaku atau diikat), serta meletakkan benda berat di bagian paling bawah untuk menghindari benda berat yang jatuh.

2. Menyiapkan Tas Siaga Bencana

Menyiapkan tas siaga bencana (emergency preparedness kit) yang berisikan dokumen/surat berharga, kotak P3K berisi obat-obatan, radio portable, pakaian, uang tunai, telepon genggam, masker, peluit, senter/lampu, baterai, makanan siap santap yang tahan lama, supplement, dan air minum. Sehingga, ketika terjadi gempa bumi tas tersebut dapat langsung dibawa ke titik berkumpul tempat evakuasi sementara.

3. Perhatikan Jalur Evakuasi

Perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat, sehingga apabila terjadi gempa bumi sudah mengetahui tempat paling aman untuk evakuasi.

Jalur evakuasi sebagai penunjuk arah ke tempat aman untuk berlindung, sangat perlu dipasang di bangunan/sarana publik seperti tempat kerja, rumah sakit, hotel, tempat wisata, dan sekolah.

Papan titik berkumpul untuk menunjukkan sebagai tempat yang aman juga perlu dipasang di area lapangan luas yang jauh dari tiang, bangunan, dan pohon tinggi.

4. Catat Nomor Telepon Penting

Mencatat nomor telepon penting kedaruratan yang dapat dihubungi saat terjadi gempa bumi juga menjadi hal yang sangat penting. Saat terjadi gempa bumi, ketika merasakan guncangan/getaran secara refleks akan berlari ke luar rumah.

Namun, perlu dipahami bahwa ada mitigasi perlindungan diri awal yang harus dilakukan saat merasakan guncangan gempa bumi.

Selengkapnya artikel Tindakan yang Harus Kamu Lakukan saat Gempa Bumi, baca DI SINI

Exit mobile version