Gempa Trenggalek Hari Ini Jam 3 Pagi, BMKG: Magnitudo 4.8

gempa trenggalek hari ini jam 3 pagi bmkg magnitudo 4 8

Gempa Trenggalek hari ini jam 3 pagi/Foto: BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa Trenggalek hari ini, Kamis (24/08/2023). Berdasarkan info BMKG hari ini, gempa bumi terjadi pukul 02.52 WIB.

BMKG menyebutkan, pusat gempa itu berada di koordinat 8.74 LS, 111.51 BT. Tepatnya, lokasi gempa di di laut pada jarak 76 km barat daya Trenggalek, Jawa Timur.

Menurut BMKG, gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 4,8. Gempa bumi itu berada di kedalaman 10 km.

BMKG menyampaikan, gempa bumi dirasakan di Trenggalek, Blitar, Nganjuk, dan Karangkates.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” terang BMKG.

Tindakan yang Harus Kamu Lakukan saat Gempa Bumi

1. Mengenali Tempat Tinggal

Mitigasi secara mandiri dapat dimulai dari persiapan sebelum terjadi gempa bumi. Diawali dengan mengenali tempat tinggal dan tempat bekerja, memastikan bahwa struktur bangunannya kuat, serta letak bangunan terhindar dari bahaya akibat gempa bumi seperti tanah longsor dan rekahan tanah.

Perabotan seperti lemari dan cabinet dapat diatur agar tidak roboh dengan menempelkannya pada dinding (dipaku atau diikat), serta meletakkan benda berat di bagian paling bawah untuk menghindari benda berat yang jatuh.

2. Menyiapkan Tas Siaga Bencana

Menyiapkan tas siaga bencana (emergency preparedness kit) yang berisikan dokumen/surat berharga, kotak P3K berisi obat-obatan, radio portable, pakaian, uang tunai, telepon genggam, masker, peluit, senter/lampu, baterai, makanan siap santap yang tahan lama, supplement, dan air minum. Sehingga, ketika terjadi gempa bumi tas tersebut dapat langsung dibawa ke titik berkumpul tempat evakuasi sementara.

3. Perhatikan Jalur Evakuasi

Perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat, sehingga apabila terjadi gempa bumi sudah mengetahui tempat paling aman untuk evakuasi.

Jalur evakuasi sebagai penunjuk arah ke tempat aman untuk berlindung, sangat perlu dipasang di bangunan/sarana publik seperti tempat kerja, rumah sakit, hotel, tempat wisata, dan sekolah.

Papan titik berkumpul untuk menunjukkan sebagai tempat yang aman juga perlu dipasang di area lapangan luas yang jauh dari tiang, bangunan, dan pohon tinggi.

4. Catat Nomor Telepon Penting

Mencatat nomor telepon penting kedaruratan yang dapat dihubungi saat terjadi gempa bumi juga menjadi hal yang sangat penting. Saat terjadi gempa bumi, ketika merasakan guncangan/getaran secara refleks akan berlari ke luar rumah.

Namun, perlu dipahami bahwa ada mitigasi perlindungan diri awal yang harus dilakukan saat merasakan guncangan gempa bumi.

Selengkapnya artikel Tindakan yang Harus Kamu Lakukan saat Gempa Bumi, baca DI SINI

Exit mobile version