Potret Pasar Pon Trenggalek, Tempat Favorit Anak Muda untuk Nongkrong

potret pasar pon trenggalek utama

Pasar Pon Trenggalek merupakan pasar Tradisional yang kini disulap menjadi pasar modern. Sekarang, Pasar Pon lebih tertata dengan bangunan modern yang menggunakan gaya arsitektur Eropa.

Sebelumnya, pasar rakyat yang berada di jantung Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu pasar palung legendaris. Karena menjadi rujukan pedagang untuk menjajakan barang jualannya.

Bahkan, dari berbagai pelosok di Trenggalek biasanya merujuk ke Pasar Pon untuk berniaga. Tak ayal jika Pasar Pon menjadi primadona masyarakat.

Saat belum dibangun seperti sekarang ini, Pasar Pon Trenggalek masih berupa bangunan kayu dan semi permanen. Seperti halnya pasar-pasar tradisional lainnya.

Hingga pada Sabtu, 25 Agustus 2018, mengalami insiden tragis, Pasar Pon dilahap api dan rata dengan tanah. Berdasarkan informasi yang beredar di internet, pedagang rugi jutaan hingga ratusan juta atas insiden ini.

Potret Pasar Pon Trenggalek

Tampilan depan Pasar Pon Trenggalek/Foto: Istimewa

Setelah dibangun kembali dengan bangunan permanen, Pasar Pon Trenggalek memiliki wajah baru. Dari sebelumnya merupakan pasar tradisional yang kini menjadi pasar modern dengan tempanya yang lebih tertata.

Dengan mengusung konsep bangunan seperti Convent Garden Market dan Royal Opera House London, bangunan Pasar Pon memiliki daya tarik. Sehingga, tak hanya menjadi urat nadi perekonomian melainkan menjadi ikon baru Trenggalek.

Pasar Pon memiliki dua lantai yang terhubung dengan tangga/Foto: Istimewa

Pada halaman belajang pasar dijadikan tempat parkir kendaraan dengan karcis modern. Saat memakirkan kendaraan, pengunjung cukup memencet tombol untuk mengeluarkan karcis parkir dan membayarnya saat keluar.

Kemudian, pada halaman depan pasar yang berada di sebelah barat dijadikan ruang terbuka. Sudah terdapat fasilitas tempat duduk untuk pengunjung.

Warga nonton film bareng di depan Pasar Pon Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Di halaman depan pasar ini menjadi tempat favorit anak muda di Trenggalek untuk nongkrong. Biasanya paling ramai saat malam minggu tiba.

Penjual makanan dan minuman akan berjejer di depan pasar pon saat sore hari hingga malam. Bersamaan dengan itu, halaman depan pasar turut ramai oleh anak muda yang sedang duduk-duduk sambil menikmati hidangan.

Anak muda di Trenggalek nongkrong di depan Pasar Pon/Foto: Kabar Trenggalek

Tak hanya anak muda saja sebenarnya, dari anak kecil hingga orang tua juga pergi ke pelataran Pasar Pon saat malam hari. Budaya berkumpul dan ngopi bareng menjadikan tempat ini ramai.

Pasar Pon Trenggalek juga memiliki spot foto instagramable. Bangunannya yang estetik membuat pas dijadikan latar belakang foto.

Di halam depan pasar juga sering menjadi tempat diselenggarakannya event dan kegiatan masyarakat. Seperti yang pernah sebelumnya, ada pagelaran wayang kulit dan fashion show.

Pengunjung sedang menuruni tangga di Pasar Pon Trenggalek/Foto: Istimewa

Meski demikian, suasana paling ramai di Pasar Pon terjadi saat ramadan tiga. Banyak penjual makanan-minuman untuk berbuka saat sore hari.

Bersamaan dengan itu, para pemburu takjil juga menggeruduk Pasar Pon. Kemudian setelah berbuka dilanjutkan nongkrong-nongkrong di depan pasar.

Tak hanya itu, banyak pengunjung juga yang sengaja datang ke pasar saat siang hari untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Seperti yang kita tahu, saat lebaran kebutuhan dapur menjadi lebih banyak.

Begitulah Pasar Pon Trenggalek, dari sebuah Pasar Tradisional di jantung Kota Alen-alen hingga menjadi tempat nongkrong favorit anak muda.

=====

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang Potret Pasar PON Trenggalek, bisa bermanfaat untuk Anda Semua.

Exit mobile version