25.3 C
Trenggalek
Rabu, November 29, 2023

Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Trenggalek, dari Wisata Pantai Hingga Pasar

Ngabuburit adalah kegiatan menyenangkan, yang suasana dan kemeriahannya hanya bisa didapatkan di bulan Ramadan saja. Biasanya yang menjadi langganan tempat ngabuburit adalah tempat yang enak dibuat nongkrong sekaligus bisa membeli takjil untuk berbuka.

Pada puasa Ramadan 2023 ini, warga Trenggalek, khususnya yang anak muda, dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat cocok untuk ngabuburit di Trenggalek. Jadi, ngabuburit di Trenggalek lebih menyenangkan dan tidak perlu pergi jauh-jauh.

Ngabuburit sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia. Karena pada saat menjelang Maghrib atau berbuka, perut sudah semakin lapar dan tenggorokan begitu haus.

Saat melihat makanan dan minuman waktu terasa melambat. Seolah-olah makanan dan minuman untuk berbuka sudah melambai untuk dinikmati.

Untuk mengalihkan perhatian, maka ngabuburit adalah solusinya. Dengan melakukan kegiatan tertentu, seperti nongkrong, dapat mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan haus saat menjelang berbuka.

Rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek

1. Pasar Pon

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek
Potret halaman depan Pasar Pon Trenggalek yang banyak pedagang menyuguhkan aneka kuliner/Foto: Kabar Trenggalek

Pasar Pon adalah urutan pertama rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek. Pasar Pon memiliki desain mirip dengan gedung di Eropa, yakni The Royal Opera House yang beridiri di Inggris.

Saat Ramadan di pelataran Pasar Pon Trenggalek akan ramai pedagang yang menjajakan takjil untuk berbuka. Berbagai makanan dan minuman tersedia.

Selain itu, di pelataran Pasar Pon terdapat tempat duduk yang enak dibuat nongkrong. Di sana pengunjung bisa duduk-duduk sembari menikmati keindahan arsitektur Pasar Pon.

Selain itu, bisa melakukan hal gabut tapi cukup menyenangkan bagi beberapa orang, yakni melihat kendaraan yang lalu-lalang.

Keseruan berburu kuliner Ramadan dengan suasana yang ramai, banyak orang-orang yang juga ngabuburit di Pasar Pon.

2. Stadion Menak Sopal

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 4
Stadion Menak Sopal yang ramai dan ada beraneka ragam wahan bermain bagi anak/Foto: Eiyo-Gen Project

Di sore hari, halaman depan Stadion Menak Sopal Trenggalek selalu ramai oleh pedagang makanan dan tempat bermain anak. Karena tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau, halaman depan Stadion Menak Sopal Trenggalek hampir selalu ramai pengunjung.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan ngabuburit oleh orang tua yang memiliki anak. Karena ada wahana bermain yang bisa membuat anak senang.

Sembari berburu kuliner, Anda juga bisa mengajak anak bermain. Waktu bersama keluarga di bulan Ramadan adalah harta paling berharga.

3. Hutan Kota Trenggalek

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 3
Potret anak muda Trenggalek sedang foto-foto di Hutan Kota Trenggalek/Foto: Ainur Rofik Al Amin

Hutan Kota Trenggalek adalah rekomendasi selanjutnya tempat untuk ngabuburit. Seperti halnya namanya, di Hutan Kota Trenggalek terdapat area hijau yang cukup luas.

Selain itu, udaranya yang sejuk bisa meredakan gerah dalam tubuh dan bisa mengurangi dahaga selama puasa.

Anda juga bisa melakukan kegiatan sehat di sini, yakni berolahraga di sore hari. Suasana yang dipenuhi warna hijau dan udaranya yang sejuk membuat olahraga semakin nyaman.

Meski sedang berpuasa, melakukan olahraga juga tidak ada salahnya. Terutama di saat menjelang berbuka atau waktu ngabuburit. Jadi, setelah capek berolahraga energi akan segera terisikan kembali saat berbuka.

4. Bukit Banyon

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 2
Komunitas sepeda ontel sedang duduk santai di Bukit Banyon/Foto: Instagram @dokin.rr

Bukit Banyon atau negeri di atas awan merupakan rekomendasi tempat ngabuburit selanjutnya di Trenggalek. Di Bukit Banyon, Anda dapat melihat pemandangan landscape Desa Widoro.

Sejauh mata memandang Anda bisa melihat area sawah yang luas dan disekelilingnya terdapat pegunungan yang menjulang. Pemandnagan yang indah seperti ini bisa menemani ngabuburit Anda.

Di Bukit Banyon membuat betah siapapun yang berkunjung di sini. Suasananya yang menenangkan membuat tak sadar waktu sudah berjalan lama.

5. Belik Waru

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 6
Foto keindahan pemandangan alam di Belik Waru/Foto: Aditya Caludianto

Wisata Belik Waru berada di Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari. Tempat wisata ini berada di atas bukit yang di sekelilingnya terdapat hutan pinus.

Tempat ini juga salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset. Sehingga, bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit di Trenggalek.

Tempatnya yang indah membuat betah melihat pemandangan yang ada. Membuat siapapun terkesima hingga tak sadar waktu berbuka telah tiba.

6. Pantai Mutiara

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 5
Anak muda sedang menikmati wisata Pantai Mutiara/Foto: Hanif M

Wisata Pantai di Trenggalek juga menjadi rekomendasi tempat ngabuburit terbaik. Karena suasana pantai dengan deburan ombaknya membuat tenang dan menjadi hiburan tersendiri.

Salah satu pantai untuk ngabuburit Anda di Trenggalek adalah Pantai Mutiara. Pasirnya yang putih bersih membuat nyaman untuk berlama-lama di sini.

Saat menjelang Maghrib, langit akan dipenuhi warna jingga. Kemudian matahari merangkak turun dari cakrawala.

Di sekitaran Pantai Mutiara banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas pesisir. Salah satu rekomendasinya adalah ikan asap.

Ikan asap yang gurih siap Anda santap saat berbuka. Selain itu, daging ikan yang kaya akan gizi dapat memulihkan energi Anda setelah seharian berpuasa.

7. Alun-Alun Trenggalek

rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek 8
Potret anak muda di Trenggalek sedang duduk santai di kawasan alun-alun Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Alun-Alun Trenggalek adalah ikon bagi Kota Trenggalek. Tugu Garuda yang menyambut pengunjung dari arah selatan sudah begitu melekat di hati masyarakat.

Kini, Alun-Alun Trenggalek sudah berbenah dan memiliki banyak tempat duduk dan pepohonan yang menghiasi. Selain itu, Alun-Alun Trenggalek juga ramah anak-anak. Dibuktikan dengan adanya tempat bermain bagi anak-anak.

Oleh karena itu, jika ingin ngabuburit di Trenggalek Anda bisa pergi ke Alun-Alun. Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana. Selain menemani anak bermain, bagi Anda yang belum punya momongan bisa sekedar duduk-duduk bersama teman.

Alun-Alun Trenggalek juga berdekatan dengan Masjid Agung. Sehingga ketika sholat Maghrib nanti Anda bisa langsung pergi ke sana.

Selama Bulan Ramadan ini, di sekitaran alun-alun juga sudah ramai pedagang yang menjajakan beraneka macam kuliner. Jadi tak hanya sekedar ngabuburit, Anda juga bisa sekaligus membeli takjil untuk berbuka.

Itulah rekomendasi tempat ngabuburit di Trenggalek. Semoga ngabuburit Anda menyenangkan dan bisa menjadi penghibur di Bulan Ramadan ini. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER