Mas Ipin Ingin HNSI Bisa Jadi Wadah Menghimpun Permasalahan Seluruh Nelayan Trenggalek

Mas Ipin ingin HNSI bisa himpun masalah nelayan Trenggalek

Mas Ipin ingin HNSI bisa himpun masalah nelayan Trenggalek/Foto: Kominfo Trenggalek

Kabar Trenggalek Pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Trenggalek Masa Bhakti 2022-2027 dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu juga sekaligus Ketua DPD HNSI Jawa Timur. Ia berharap HNSI bisa jadi wadah menghimpun seluruh permasalahan nelayan Trenggalek.

Berdasarkan musyawarah cabang 3 daerah pesisir di Trenggalek, Bambang Supiyat terpilih dan dilantik sebagai Ketua DPC HNSI Trenggalek. Pelantikan itu berlangsung di Aula PPN Prigi, Senin (19/09/2022).

Mas Ipin berharap keberadaan HNSI Trenggalek bisa membantu mengurai satu persatu semua permasalahan yang dialami nelayan.

Baca: Terbatas Kuota, Nelayan Trenggalek Dihantui Kelangkaan BBM Subsidi

“Kalau dulu ada yang namanya nelayan marhaen, ada yang namanya nelayan islam, nah itu semua digabungkan bersatu dalam wadahnya HNSI. Maka saya pesankan kepada seluruh pengurus tidak hanya mengurusi pengurus, tapi juga seluruh nelayan,” ungkap Mas Ipin.

“Saya berharap semua urusan nelayan, kegelisahan apapun, ada urusan apapun, ya dikomunikasikan dalam organisasi, kemudian nanti diteruskan kepada pihak yang memang memiliki kewenangan,” tuturnya.

Mas Ipin ingin mewujudkan 4 pusat kawasan pertumbuhan, dimana selain area perkotaan, salah satunya ditujukan pada kawasan pesisir di Watulimo, Munjungan, dan Panggul. Oleh karena itu, ia meminta pelayanan di tempat tersebut bisa setara dengan pelayanan di kawasan seputar perkotaan Trenggalek.

Baca: Nelayan Trenggalek Keluhkan Kenaikan BBM, Biaya Melaut Semakin Tinggi

Mas Ipin mencotohkan, upaya ini juga sudah mulai diwujudkan perlahan seperti dengan adanya UPT Dukcapil di Watulimo Panggul dan Munjungan, Rumah Sakit di wilayah Panggul, serta juga di Watulimo yang masih tahap perencanaan.

“Harapannya kalau bisnis matching-nya bisa inline, tidak ada lagi mengeluh kalau musim ikan harga jelek. Karena kita punya saluran penjualan sektor potensial yang bisa kita kerjasamakan,” tandasnya.

Exit mobile version