BerandaMata RakyatNelayan Trenggalek Keluhkan Kenaikan BBM, Biaya Melaut Semakin Tinggi

Nelayan Trenggalek Keluhkan Kenaikan BBM, Biaya Melaut Semakin Tinggi

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menjadi kebijakan pemerintah pusat berdampak pada nelayan di Trenggalek. Tak ayal masyarakat nelayan harus mengeluarkan modal lebih untuk pergi melaut.

Bambang Supiyat, DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), mengungkapkan bahwa nelayan saat ini diambang keraguan hendak melaut akibat kenaikan BBM.

advertisement

“Nelayan harus berfikir dahulu kalau melaut, karena cuaca yang saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, kalau dulu banyak ikan ketika melaut di waktu kapan saja, namun sekarang berbeda jauh,” ungkapnya.

Kenaikan BBM tersebut menurut Bambang juga dibarengi dengan akomodasi lainnya yang naik. Seperti oli dan perlengkapan melaut ikut naik.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa semula ongkos melaut sebesar 1,5 juta kini harus menambah ongkos kembali dengan sebesar 2,5 juta. Jadi ada kenaikan hingga 1 juta dampak dari meroketnya harga BBM.

advertisement

“Jadi jelas naik ongkosnya, maka dari itu tadi saya sampaikan untuk melaut ya harus mempertimbangkan kondisi,” tegasnya.

Bantuan aplikasi yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek untuk mendapatkan subsidi BBM belum berimplikasi pada nelayan. Pasalnya kebijakan subsidi belum bisa dipraktikkan.

Bambang berharap dengan wacana subsidi BBM bagi nelayan tepat sasaran dan tidak tebang pilih kepada Nelayan kecil yang biasa melaut di perairan Trenggalek.

“Adanya subsidi sangat membantu bagi nelayan kecil tapi harus tepat sasaran. Dan satu lagi yang harus diingat kenaikan BBM jangan dibarengi dengan kelangkaan BBM untuk nelayan,” ujarnya.

advertisement

Berita Baru

Tragedi Sepak Bola Indonesia, Jenazah Polisi Asal Trenggalek Belum Dipulangkan

Kabar Trenggalek - Kabar duka dampak dari tragedi sepak bola Indonesia saat pertandingan antara...

Arema Vs Persebaya Ricuh,127 Nyawa Melayang di Stadion Kanjuruhan Malang 

Kabar Trenggalek - Duka mendalam dunia sepak bola Indonesia atas insiden kericuhan saat pertandingan...

Segera Hadir! Inilah Spesifikasi Vivo V25e HP Kamera Berkemampuan Unggul

Kabar Trenggalek - Vivo V25e dipastikan hadir di Indonesia pada 3 Oktober 2022 mendatang....

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait