TRENDING

Hari Anak Nasional, Novita Hardini: Ekspektasi Orang Tua Sering Merusak Mental Anak

Terbit:

Kabar Trenggalek Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, menyampaikan beberapa pembahasan dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022, Sabtu (06/08/2022).

Salah satu pembahasannya, Novita menyoroti orang tua yang abai dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Sering kali, ekspektasi orang tua itu merusak kesehatan mental anak.

advertisement

Padahal, kata Novita, anak merupakan sumber daya bagi pembangunan yang akan datang, sehingga tumbuh kembangnya perlu dikawal dengan optimal.

“Supaya anak bisa berkembang dengan baik, tentunya perlu adanya pendampingan dari para orang tua dan ilmu parenting [pola asuh anak] yang baik,” ujar Novita, saat menjadi narasumber dalam peringatan HAN di Pasar PON Trenggalek, Rabu (03/08/2022).

“Kita harus mengkampanyekan bagaimana keterlibatan orang tua dalam parenting, keterlibatan bapak dalam parenting. Yang juga penting adalah menjaga anak, melindungi anak-anak dari potensi dan ancaman kekerasan seksual, kekerasan verbal maupun non verbal,” tambahnya.

Menurut Novita, beberapa orang tua masih abai terhadap pembulian di sekolah serta dampak terhadap kondisi kesehatan mental anak. Padahal, seharusnya orang tua mampu untuk peduli dan melindungi anaknya.

Novita berharap, rangkaian Hari Anak Nasional 2022 bisa menjadi momentum pengingat, supaya orang tua lebih peduli dan melindungi anaknya. Sebab, setiap anak memiliki potensi kecerdasan masing-masing, tidak ada yang bodoh.

Tak hanya itu, lanjut Novita, orang tua diharapkan tidak berekspektasi dengan memberi tekanan kepada anak. Orang tua harus lebih banyak memberikan kebaikan-kebaikan kepada anak.

“Cinta-cinta supaya anak itu punya resiliensi, mampu melindungi dirinya sendiri dari segala bentuk kekerasan yang mungkin akan diterima ketika sudah mulai dewasa nanti,” tandas Novita.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT