TRENDING

Tips Memaksimalkan Kinerja Kamera Handphone

Terbit:

Kabar Trenggalek Di dunia yang serba modern ini, setiap produk handphone sudah dilengkapi dengan alat pembidik gambar atau kamera yang lumayan bagus.

Namun, terkadang kita merasa hasil kamera gawai kurang maksimal. Entah fotonya membosankan, tidak menarik atau juga dipenuhi noise (noda bintik-bintik merah pada foto).

advertisement

Nah, kali ini ada beberapa tips memaksimalkan kinerja kamera handphone. Tips ini bisa Anda terapkan untuk menghasilkan foto yang bagus.

Tips Memaksimalkan Kinerja Kamera Handphone:

1. Gunakan Komposisi yang Tepat

Cara Anda mengatur subjek foto sangat berpengaruh dalam hasil foto. Foto dengan komposisi yang tepat akan lebih enak dipandang daripada foto yang asal jepret.

Komposisi yang paling dasar adalah rule of third. Yakni meletakkan point of interest pada titik dari garis yang bersinggungan. Anda dapat mengaktifkan garis bantu ini dengan pergi ke pengaturan kamera, lalu cari opsi garis bantu, lalu anda pilih yang 3×3.

2. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Para fotografer profesional seperti Darwis Triadi selalu menekankan pentingnya cahaya dalam fotografi. Fotografi bisa dikatakan sebagai melukis dengan cahaya.

Maka gunakan pencahayaan yang baik untuk menerangi objek foto Anda. Semisal gunakanlah cahaya alami, yakni sinar matahari.

Sinar matahari yang baik bisa anda dapatkan saat golden hour, yakni pagi pukul 7-9 dan sore pukul 3-5. Pada jam-jam ini posisi matahari berada di posisi yang ideal, tidak terlalu tinggi dan cahayanya cenderung halus.

Kalaupun Anda menginginkan foto di dalam luar ruangan, Anda bisa membuat lighting ala-ala dari lampu biasa. Lalu arahkan arah cahaya yang menurut Anda pas dengan subjek foto Anda.

advertisement

Saat memotret, jangan menghadapkan kamera gawai ke sumber cahaya. Karena subjeknya akan gelap dan akan kebanyakan cahaya terang. Anda bisa dengan membelakangi sumber cahaya. Kecuali jika Anda ingin membuat foto silhouette.

3. Gunakan Mode Pro atau Manual Pada Kamera Handphone Anda

Hampir disetiap gawai zaman sekarang, sudah ada fitur manual atau pro. Dalam fitur ini, Anda dapat mengatur shutter speed dan ISO.

Shutter Speed adalah kecepatan rana dalam mengambil gambar. Semakin cepat anda mengaturnya maka gambar akan diam. Rana cepat antara 1/100 ke bawah. Sedangkan rana lambat 1/100 ke atas seperti 1/50, ¼, 2, dan seterusnya.

Tapi anda harus berhati-hati, semakin cepat shutter speed maka cahaya yang masuk akan sedikit. Anda bisa mengakalinya dengan menaikan ISO.

ISO sendiri merupakan kepekaan sebuah sensor kamera dalam menerima cahaya. Semakin tinggi isonya maka foto semakin terang. Namun, ISO tinggi rawan nois.

Sesuaikan ISO dan shutter speed, atur keduanya agar seimbang untuk menghasilkan sebuah foto yang sesuai keinginan Anda.

4. Usahakan Handphone Anda Stabil Tidak Goyang-Goyang

Jika Anda memotret menggunakan shutter speed yang lambat sedangkan Anda memegang gawainya goyang-goyang, maka foto yang Anda hasilkan akan kabur.

Maka Anda harus memegangnya sesetabil mungkin. Atur nafas Anda ketika ingin memotret, atau juga bisa menggunakan alat bantu berupa tripod.

Sekarang, Anda bisa membeli tripod khusus handphone dengan harga di bawah seratu ribu rupiah. Anda bisa mencarinya di toko online kesayangan.

Atau juga bisa menggunakan benda-benda disekitar kita sebagai sandaran handphone saat memotret. Pilihlah benda-benda yang setatis tidak goyang-goyang.

Demikian artikel tentang tips memaksimalkan kinerja kamera handphone. Anda bisa terus melatih kemampuan fotografi dengan menerapkan beberapa tips di atas. Dengan terus berlatih kita akan semakin peka dengan hal-hal yang akan memperindah hasil foto kita.

Jangan minder meskipun hanya menggunakan kamera handphone. Toh, bagus tidaknya bergantung pada kita dalam memaksimalkannya. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek bisa bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT