Berita Terkait

Sandiaga Uno Menteri Jokowi Jajal Mobil Listrik Buatan SMK Muhammadiyah Watulimo 

Kabar Trenggalek Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang berani coba mobil karya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Watulimo Trenggalek saat kunjungi Desa Wisata Pandean (30/06/2022) Lalu.

Raut wajah kagum nampak terlihat saat Sandiaga Uno menaiki mobil yang menggunakan tenaga surya itu. Lantaran, mobil karya anak SMK Muhammadiyah itu sudah selayaknya menjadi transportasi wisata di Trenggalek.

- Advertisement -

“Pariwisata Indonesia maju jika penggunaan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik. Karena mencerminkan wisata indonesia yang berkelanjutan dan berkualitas,” ungkap Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, pemanfaatan kendaraan listrik karya pelajar Trenggalek ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap inovasi yang berbasis kearifan lokal. Meskipun masih membutuhkan penyempurnaan.

Sandiaga Uno mengaku kagum dengan kreativitas para pelajar SMK Muhammadiyah Watulimo, karena mampu merakit kendaraan listrik. Salah satu yang membutuhkan penyempurnaan adalah efek kejut saat kendaraan mulai berjalan.

- Advertisement -

“Ada satu sensasi tersendiri kayak naik kuda, ini suatu hal yang kita perlu kolaborasikan,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek
Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Dengan pendampingan yang tepat, lanjut Sandiaga Uno, diharapkan kreativitas para pelajar tersebut akan semakin berkembang dan mampu memberikan sumbangsih bagi perkembangan wisata.

“Selain dari kendaraan listrik yang sudah banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar bagaimana yang kearifan lokal ini juga bisa hadir di desa-desa wisata, mudah-mudahan ini ada kolaborasi,” jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menambahkan pihaknya telah berkolaborasi dengan salah satu perusahaan multinasional untuk mengembangkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di area wisata.

“Sebelumnya kita sudah luncurkan di Bali dan awal minggu ke depan kita luncurkan di danau Toba,” ujar Sandiaga Uno.

Disinyalir, Mobil SMK Muhammadiyah Trenggalek itu bakal dibeli oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, yang difungsikan sebagai operasional di lingkup Pendapa Manggala Praja Nugraha Bumi Menak Sopal.

Khotib, Kepala Sekola SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Menteri Sandiaga Uno yang sudah berani mencoba mobil listrik karya anak didiknya itu.

“Saya sangat berterimakasih dan apresiasi khususnya pak menteri Sandiaga Uno yang telah mencoba mobil listrik karya SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek yang secara geografis karya anak pantai [pinggiran],” kata Khotib.

Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek
Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Menurut Khotib, jika mobil listrik ini nanti akan berkembang di wilayah Watulimo sangat dimungkinkan sekali. Hal itu dilihat dari proyek strategis nasional melalui pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) dan pasti akan berimbas dengan adanya wisatawan yang banyak masuk ke Trenggalek. Di situlah nanti peran mobil listrik bisa mengajak wisatawan berkeliling.

“Karena ini masih uji coba kami terus kembangkan dan kami menemukan kelebihan dari sisi kehematan bahan bakar 1:5. Dan juga atapnya mobil listrik milik kami ada sonar panelnya, jadi bisa charger sendiri,” terang Khotib.

Kendati demikian, mobil listrik tersebut sudah melalui uji coba beberapa kali. Mulai dari digunakan untuk distribusi zakat fitrah sampai dengan uji medan yang ada di Watulimo.

Efri, Guru Pembimbing SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek, mengatakan banyak kegunaan dan kelebihan yang dirancang dalam mobil listrik itu. Salah satunya, kata Efri, mobil listrik tersebut bisa dikontrol langsung melalui smartphone (telepon pintar).

“Mobil ini bisa dikendalikan melalui aplikasi smartphone dan juga daya listrik kuat untuk menanak nasi bahkan setrika,” terang Efri.

Efri menyebutkan, mobil listrik karya pelajar SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek tersebut menggunakan mesin BLDC 2.000 watt. Mobil listrik tersebut mampu menempuh jarak 40 Kilometer. Hingga, sangat hemat untuk memobilisasi wisatawan.

“Semoga bisa bermanfaat untuk kami, dan khususnya warga Trenggalek,” ujar guru pembimbing yang ulet dalam mengajari siswa untuk berinovasi itu.

Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek
Menteri Sandiaga Uno asyik mengendarai mobil listrik SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Mustofa Kepala Jenggot, Youtuber Otomotif dari Trenggalek juga mengapresiasi atas lahirnya inovasi mobil listrik yang ramah lingkungan itu.

“Saya sangat bangga sekali, kebetulan lokasi SMK Muhammadiyah Watulimo ini dekat dengan rumah saya. Jadi ya sangat bangga punya generasi yang punya inovasi keren dengan mobil listrik tenaga surya itu,” terang Mustofa Kepala Jenggot.

Dalam sambangnya, Mustofa juga mereview apa saja yang terpasang dalam mobil listrik, sampai-sampai uji kendara mengelilingi wisata pantai di seputaran Kecamatan Watulimo Trenggalek.

“Setelah saya rasakan sangat enak sekali, di kaki juga nyaman, dan ketika saya kendarai sudah halus, cocok untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai pesisir watulimo,” imbuhnya.

Ketika mengendarai Mobil Listrik, Mustofa mengakui kecepatannya mampu melampaui 40 KM/Jam. Dengan kecepatan itu, dia bisa menempuh perjalanan sepanjang 25 KM untuk mengelilingi pesisir pantai.

“Kalau ada event di Jakarta akan saya bawa ke sana, karena ini hasil karya anak bangsa perlu diapresiasi yang sangat tinggi,” tandas perakit otomotif Yamancal, Mustofa.

Profil SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek

Prestasi besar mobil listrik yang diakui oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno, tentu menjadi bukti bahwa SMK Muhammadiyah Watulimo memiliki sistem pembelajaran yang berkualitas tinggi.

Ternyata, SMK Muhammadiyah Watulimo memiliki deretan prestasi lain yang pernah diraih sebelumnya. Semua prestasi itu ditunjang dengan berbagai jurusan yang berkualitas di SMK Muhammadiyah Watulimo.

SMK Muhammadiyah Watulimo memiliki visi ‘Wujudkan Impian Menjadi Generasi Cerdas dan Berkualitas’. SMK Muhammadiyah Watulimo membuka Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022-2023, Gelombang III mulai 4 Juni – 10 Juli 2022.

Calon peserta bisa mendaftar secara online di www.smkmwatulimo.sch.id. Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan datang langsung ke sekretariat SMK Muhammadiyah Watulimo, di Jalan Raya Pantai Prigi, Margomulyo, Watulimo, Trenggalek.

Daftar Jurusan di SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
  2. Bisnis Daring dan Pemasaran
  3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  4. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  5. Perhotelan

Fasilitas SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek

  1. Gedung Berlantai 2
  2. Aula Ber-AC
  3. Lab. Praktik OTKP
  4. Lab. Praktik BDP
  5. Lab. Praktik TKJ
  6. Bengkel TKRO
  7. Lab. Praktik Perhotelan
  8. Lab Komputer Ber-AC
  9. Lapangan Futsal dan Volly
  10. Tenis Meja
  11. Kantin
  12. Setiap Area Terpasang CCTV
  13. Perpustakaan

Daftar Program Ekstra SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek

  1. Tartil Al Qur’an
  2. Tahfid
  3. Literasi Nasional
  4. OSIS/IPM
  5. Hizbul Wathan
  6. Desain Grafis
  7. Hidroponik
  8. Volly
  9. Futsal
  10. Pencak Silat Tapak Suci

Daftar Prestasi SMK Muhammadiyah Watulimo Trenggalek

  1. Sekolah Berbasis Kompetensi Keahlian
  2. Sekolah Aktif Literasi Nasional
  3. Sekolah Perancang dan Pembuat Mobil Listrik Tenaga Surya
  4. Sekolah Hidroponik
- Advertisement -

Berita Baru

sponsor