TRENDING

Geliat Budaya Ngitung Batih di Kecamatan Dongko Trenggalek

Terbit:

Kabar Trenggalek Dalam rangka memperingati tahun baru muharam atau ashura, segenap masyarakat bersama pemerintah di lingkup Kecamatan Dongko mengadakan kegiatan budaya Ngitung Batih, Sabtu (30/07/2022).

Kegiatan Ngitung Batih ini rutin diadakan di Kecamatan Dongko setiap tahun baru Hijriah atau Saka (penanggalan Jawa), yakni pada tanggal satu Suro.

advertisement

Ichwan Sawaji, Ketua Panitia Gebyar Suro “Ngitung Batih” Kecamatan Dongko, mengatakan, kegiatan ini rutin diadakan sejak tahun 2011. Tapi, pada saat pandemi kegiatan ini tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat dan tidak diadakan dengan meriah untuk mengindari kerumunan.

Pemuda memeriahkan arak-arakan dengan pakaian jaman kerajaan
Pemuda memeriahkan arak-arakan dengan pakaian jaman kerajaan/Foto: Kabar Trenggalek

“Semua elemen masyarakat desa [yang ada di Kecamatan Dongko]. Termasuk kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, dan pemuda . Ini semua dari 10 desa yang berada di Kecamatan Dongko ikut terlibat,” ujar Ichwan saat ditemui di gedung Aula Kecamatan Dongko.

Ichwan menyampaikan, kegiatan Ngitung Batih dimulai dengan arak-arakan “Takir Plontang” dan kirap pusaka. Dalam arak-arakan tersebut, terdapat dua titik start. Alur dalam arak-arakan ini dimulai dari Dusun Karang Tengah Dongko, kemudian digabung di titik start selanjutnya, yaitu kantor Desa Dongko.

Takir Plontang, lanjut Ichwan, diarak dari Dusun Karang Tengah kemudian digabungkan dengan kirap pusaka di kantor Desa Dongko. Selanjutnya, digabung menjadi satu rangkaian arak-arakan menuju Pendhapa Kecamatan Dongko.

Ichwan Sawaji, Ketua Panitia Gebyar Sura Ngitung Batih
Ichwan Sawaji, Ketua Panitia Gebyar Sura Ngitung Batih/Foto: Kabar Trenggalek

“Kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial. Yakni sambutan-sambutan,” ucap Ichwan.

Ichwan menjelaskan, jika sesuai agenda, kegiatan Ngitung Batih di Kecamatan Dongko akan dihadiri Bapak Bupati Trenggalek bersama Forkominda serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabuptaen Trenggalek.

Namun, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berhalangan hadir karena sedang tidak berada di Trenggalek. Jadi yang hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Bupati Trenggalek, Syah Nata Negara.

advertisement

TERBARU

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

Pohon Tumbang Trenggalek, Jalan Kecamatan Bendungan Tertutup

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek akhir-akhir ini sering terjadi bencana. Seperti angin kencang yang...

TOPIK TERKAIT