TRENDING

Bagaimana Cara Membangun Rasa Percaya Diri? Berikut Tips dari Alvin Wibowo

Terbit:

Rasa percaya diri sangat penting untuk mencapai kesuksesan anda di dunia kerja. Banyak orang memiliki potensi yang luar biasa, ide-ide kreatif dan kesempatan yang besar. Tetapi tidak banyak orang yang percaya diri untuk tampil, merepresentasikan dirinya, mengungkapkan ide-idenya, dan mengambil kesempatan yang ada.

Langkah menuju kesuksesan memang tidaklah mudah, ada berbagai tantangan di setiap kesempatan yang ada. Dengan kepercayaan diri, Anda akan berani untuk terus melangkah mengambil setiap kesempatan yang ada dan menghadapi tantangan.

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

advertisement

Bagaimana cara membangun rasa percaya diri? Menurut Alvin Wibowo, dalam bukunya “Day-to-day Success Plan”, ada 6 kiat yang bisa diterapkan untuk membangun kepercayaan diri. Kepercayaan diri harus dilatih melalui berbagai hal sebagai berikut:

1. Berpikir Positif

Kontrol pikiran dan perkataan Anda. Setiap kali kata-kata negatif muncul dalam pikiran anda, maka katakan sebaliknya. Berikan sugesti positif dalam diri Anda, bahwa Anda bisa! Anda mampu!

2. Sadari Bahwa Setiap Orang Memiliki Kelebihan Dan Kelemahan Masing-Masing

Tidak ada semua orang yang bisa hebat dalam segala hal. Jangan pernah minder dengan orang lain, karena setiap orang memiliki keunggulannya masing-masing.

3. Bersyukur Pada Prestasi Anda

Ingat keberhasilan yang telah Anda buat apapun itu dari kecil sampai besar, syukuri hal itu, bukti bahwa Anda mampu mencapai kesuksesan.

4. Show Confident Behaviour

Berjalanlah dengan tegap, gunakan bahasa tubuh saat bicara. Tunjukkan ketenangan dalam perilaku anda, dan senjata anda pertama adalah senyum.

5. Jangan Dengarkan Kata-kata Negatif Orang Lain

Mereka yang selalu mengatakan tidak bisa dan tidak mungkin, adalah yang gagal dalam mencoba dan orang yang mudah putus asa. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

6. Visualisasikan Kesuksesan Anda

Bayangkan situasi di mana Anda merasa mengalami kurangnya kepercayaan diri, lalu bayangkan dalam situasi tersebut Anda muncul dengan kepercayaan diri yang tinggi.

advertisement

Perhatikan detail-detail seperti apa yang Anda katakan saat itu, bagaimana postur tubuh Anda, apa perasaan yang muncul dalam diri Anda, apa yang Anda dengar dan rasakan, bagaimana orang lain melihat Anda.

Memvisualisasikan kesuksesan merupakan persiapan penting bagi Anda untuk menjadi percaya diri dan tahu apa yang harus anda lakukan.

Cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menghadapi situasi tersebut. Manfaatkan tips-tips dari Alvin Wibowo di atas untuk membantu anda mengatasi area kurangnya ketidakpercayaan diri.

Demikian artikel tentang ‘Cara Membangun Rasa Percaya Diri’. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek ini bermanfaat untuk Anda semua.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT