TRENDING

Arti Huruf E pada Indikator BBM di Spedometer Kendaraan, Ternyata Bukan Empty

Terbit:

Kabar Trenggalek Kebanyakan masyarakat menyalahartikan arti huruf E pada indikator bahan bakar minyak (BBM) dalam speedometer kendaraan. Sering kali, masyarakat mengartikan huruf E yang tertulis tersebut sebagai empty yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan kosong. Ternyata itu salah.

Pada panel speedometer kendaraan, terdapat indikator bahan bakar yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang kapasitas bahan bakar bagi suatu kendaraan.

advertisement

Panel pengukur bahan bakar pada kendaraan berupa angka atau garis yang berawal di huruf “E” dan berakhir di huruf “F” ini mungkin sudah umum kita ketahui.

Sebagai pengendara, tentu kita sudah paham kalau huruf “F” itu singkatan dari Full yang menandakan isi tangki kendaraan penuh, karena setiap selesai mengisi bahan bakar, jarum panel indikator akan mengarah ke huruf “F”.

Saat kendaraan melalui perjalanan yang cukup jauh, maka jarum panel indikator akan bergerak menuju huruf “E”. Nah, kebanyakan masyarakat menganggap bahwa huruf “E” tersebut singkatan dari kata empty yang berarti kosong, padahal huruf “E” tersebut singkatan dari emergency yang berarti darurat.

Mengapa demikian? Karena saat jarum panel indikator menunjuk huruf “E”, tangki bahan bakar tidak benar-benar kosong. Kendaraan masih memiliki cadangan bahan bakar sekitar 10-15 persen dari kapasitas tangki.

Akan tetapi, kapasitas tersebut bisa jadi berbeda-beda pada setiap kendaraan. Termasuk jarak tempuh yang dapat dicapai kendaraan saat penunjuk indikator sampai pada huruf “E”.

Pabrikan kendaraan bermotor mendesain seperti itu berharap pengendara tidak kehabisan bahan bakar saat melakukan perjalanan, terlebih saat melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, pabrikan berharap saat jarum panel indikator bahan bakar menunjuk huruf “E”, dengan kapasitas bahan bakar yang tersisa, pengendara masih dapat melakukan perjalanan menuju sentra pengisian bahan bakar terdekat.

advertisement

Demikian pembahasan tentang arti huruf E pada indikator BBM di spedometer kendaraan. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek bisa bermanfaat untuk Anda semua.

advertisement

TERBARU

Dikabarkan Putus dengan Happy Asmara, Denny Caknan Asyik Ngopi Bareng Prabowo 

Kabar Trenggalek - Artis dangdut Denny Caknan akhir ini dikabarkan putus cinta dengan Happy...

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

TOPIK TERKAIT