24.8 C
Trenggalek
Kamis, November 30, 2023

Selama Dua Pekan, Ratusan Kendaraan di Trenggalek Terekam Mobil Incar

Kabar Trenggalek Pengendara jalan di Trenggalek belum sepenuhnya patuh terhadap peraturan lalu lintas. Pasalnya, selama dua pekan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengantongi ratusan pelanggar, Selasa (05/07/2022).

Ratusan kendaraan di Trenggalek yang terekam mobil incar itu hasil dari operasi patuh semeru pada 13-26 Juni 2022. Data Satlantas Polres Trenggalek menunjukkan 680 pelanggar yang terekam mobil incar.

Sebanyak 680 pelanggar itu belum termasuk dari data teguran yang dikirimkan langsung kepada pengendara sebanyak 5.376.

Disinyalir, pelanggar lalu lintas di Trenggalek, kebanyakan dilakukan oleh pengendara montor. Sebanyak 647 pengendara montor yang tak memakai helm standar.

Kemudian, 32 pengguna jalan dengan sepeda motor melawan arus. Kemudian 1 pengguna mobil terkam mobil incar melanggar marka dan rambu lalu lintas.

Ratusan pelanggar tersebut saat ini sudah melalui mekanisme prosedur penanganan tilang lewat mobil Incar dan sudah mengirimkan surat bukti kepada pelanggar tersebut.

AKP Meita Anisa Saputra, Kasatlantas Polres Trenggalek mengatakan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas melalui mobil incar ditujukan sesuai sasaran operasi patuh.

“Fokus penindakan menyesuaikan dengan sasaran operasi, ditambah dengan knalpot brong dan pelanggaran spektek yang memang kerap ditemukan di wilayah Kabupaten Trenggalek,” ujar Meita.

Ia menjelaskan, hasil dari pelaksanaan operasi patuh untuk penegakan hukum sesuai dengan target awal. Yakni 20 persen. Sisanya merupakan operasi dengan pola preemtif dan preventif.

‚ÄúPenegakan hukum dilakukan secara selektif prioritas bagi pengguna jalan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lantas,” katanya.

Meita mengingatkan, agar masyarakat Kabupaten Trenggalek makin patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Meita menambahkan, hasil kerja para aparat di lapangan selama operasi patuh mendapat apresiasi dari Ditlantas Polda Jatim.

“Berkat kerja keras semua, operasi patuh semeru di Kabupaten Trenggalek berjalan lancar dan mendapat apresiasi langsung dari Dirlantas Polda Jatim,” kata Meita.

Satlantas Polres Trenggalek meraih juara 1 satlantas terbaik zona C untuk kategori pasal tertentu.

Penghargaan itu didapat saat Monitoring dan Evaluasi Hasil Dakgar Lantas menggunakan program ETLE (electronic traffic law enforcement) dan INCAR bulan lalu.

ARTIKEL TERKAIT
MORE

POPULER