TRENDING

Reaksi Kementerian Agama Terhadap Video Viral Laki-Laki Menikah dengan Kambing Betina

Terbit:

Kabar Trenggalek Akhir-akhir ini warganet dihebohkan dengan video viral laki-laki menikah dengan kambing betina. Video viral itu mendapatkan reaksi dari Kementerian Agama (Kemenag), Jumat (10/06/2022).

Viralnya video Tiktok pernikahan seorang laki-laki dengan seekor kambing betina itu terjadi di Desa Jogodalu, Benjeng, Gresik, Jawa Timur. Mempelai laki-laki dalam video tersebut adalah seorang Youtuber dan content creator di TikTok.

advertisement

Kemenag mengungkapkan, tujuan dibuatnya video pernikahan dengan seekor domba tersebut ternyata hanya untuk mendapatkan banyak ‘suka’ dan viral.

Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar, berharap agar masyarakat menjaga sakralitas pernikahan. Menurut Fuad, meskipun itu hanya konten hiburan, namun isi kontennya tidak pantas.

“Hormati sakralitas lembaga pernikahan. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang agamis. Maka ketika bicara pernikahan atau perkawinan dalam pikiran bawah sadar tentu yang dimaksud pernikahan menurut hukum agama atau kepercayaan masing-masing, tidak ada selain itu,” kata Fuad dikutip dari laman Kemenag.

Fuad menyampaikan, pernikahan yang dilakukan laki-laki dan perempuan menjadi dasar pembentukan keluarga, merupakan jalan ibadah menuju keridaan Tuhan.

“Tidak sah nikah tanpa mengikuti ketentuan agama atau nikah yang tidak mengindahkan syariat agama,” ujarnya.

Fuad mengungkapkan, di dalam pernikahan terdapat rambu-rambu yang ditentukan agama demi kemaslahatan manusia itu sendiri. Sehingga, keinginan membangun keluarga yang sakinah, perlu diikuti dengan ketaatan terhadap rambu-rambu tersebut.

“Agama adalah roh bagi sebuah perkawinan. Bagi umat Islam, akad nikah sebagai landasan terbentuknya ikatan perkawinan disebut mitsaqan ghalizha [perjanjian suci yang kokoh],” tuturnya.

advertisement

Fuad menegaskan, agama dan pernikahan memiliki keterkaitan dalam kehidupan. Sehingga, nilai-nilai agama dan pernikahan harus dijunjung tinggi.

“Keterkaitan antara pernikahan dan agama adalah sesuatu yang prinsipil bagi setiap umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai agamanya dalam pembentukan keluarga,” tandasnya.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT