TRENDING

Rangkaian Bersih Desa, Ratusan Warga Ngadirenggo Nyadran ke Puncak Gunung Kebo Trenggalek

Terbit:

Kabar Trenggalek Ratusan warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, naik ke Puncak Gunung Kebo Trenggalek untuk berziarah ke Mbah Dumbo. Mbah Dumbo merupakan salah satu sesepuh Desa Ngadirenggo, Jum’at (17/06/2022).

Setelah subuh, seluruh elemen masyarakat, baik itu perangkat desa, tokoh masyarakat, Babinsa, BKTM maupun masyarakat dari segala usia mulai naik ke Puncak Gunung Kebo Trenggalek.

advertisement

Warga Desa Ngadirenggo melakukan ziarah dan kenduri di Makam Mbah Dumbo. Tokoh yang dipercaya mengawali pembukaan wilayah Desa Ngadirenggo dan sekitarnya.

Kegiatan rutin ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan bersih desa. Kegiatan yang dilakukan setiap bulan selo dalam kalender Jawa ini, juga mempunyai ciri khas tersendiri. Selain membawa makanan khas acara kenduri, seperti nasi tumpeng dan ayam lodho, masyarakat juga membawa apem dumbo yang menjadi pembeda dan ciri khas dari acara nyadran lainnya.

Warga Desa Ngadirenggo menaiki Gunung Kebo saat diselingi kabut
Warga Desa Ngadirenggo menaiki Gunung Kebo saat diselingi kabut/Foto: Kabar Trenggalek

Mulyanto, Kepala Desa Ngadirenggo, mengatakan kegiatan ziarah dan kenduri itu merupakan rangkaian yang ketiga dalam bersih desa. Sehari sebelumnya, warga Desa Ngadirenggo sudah melakukan kegiatan sema’an alquran serentak dan istighotsah.

“Mbah Dumbo ini sangat berjasa sekali, terutama dalam kemakmuran warga Desa Ngadirenggo. Insyaallah sampai kapan pun akan tetap dikenang sebagai salah satu tokoh yang membuka dan menata tatanan masyarakat Ngadirenggo, khususnya,” ujar Mulyanto saat ditemui jurnalis Kabar Trenggalek.

Mulyanto menyampaikan warga Desa Ngadirenggo begitu antusias untuk menjalankan rangkaian kegiatan bersih desa. Bahkan, warga dari luar Trenggalek juga hadir dalam kegiatan bersih desa itu.

“Bahkan kegiatan rutin yang dilakukan dari rangkaian acara bersih desa ini juga dihadiri masyarakat dari luar kota, seperti Jombang, kediri Lamongan blitar dan Bojonegoro,” ucapnya.

Makam Mbah Dumbo, sesepuh warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek
Makam Mbah Dumbo, sesepuh warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Mulyanto berharap, melalui kegiatan bersih desa ini, warga Desa Ngadirenggo bisa meningkatkan rasa kebersamaan. Sebab, dengan rasa kebersamaan itulah, semua masalah di Desa Ngadirenggo akan teratasi.

advertisement

“Dan harapan besar kami adalah Desa Ngadirenggo ini bisa dijadikan desa yang guyub-rukun, ayem-tentrem dan desa yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur,” terang Mulyanto.

Menurut keterangan Mulyanto, pada Sabtu (18/06/2022), warga Desa Ngadirenggo akan melakukan kegiatan pawai rondo thethek dan lampion mengelilingi Desa Ngadirenggo.

Warga Desa Ngadirenggo juga akan membagikan makanan gratis di sepanjang rute pawai yang disediakan oleh warga.

“Makanan itu berupa thiwul gratis atau makanan jenis lainnya, serta tak lupa apem dhumbo yang menjadi ciri khas kegiatan ini di tiap-tiap tahunnya,” jelasnya.

Kepala desa yang sudah menjabat dua periode ini, berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Desa Ngadirenggo untuk selalu menjaga kebersamaan dan terus melestarikan budaya.

advertisement

TERBARU

Jadwal Pelayanan dan Syarat Membuat SKCK Online di Polres Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek mengumumkan informasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian...

Apresiasi Daya Saing Digital Daerah, Trenggalek Raih Perhargaan EV-DCI 2022 Tingkat Nasional

Kabar Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan itu diberikan...

Demi BBM Subsidi Nelayan Trenggalek, 500 Surat Rekom Masuk Tiap BulanĀ 

Kabar Trenggalek - Nelayan Trenggalek tak perlu bingung untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM)...

TOPIK TERKAIT