TRENDING

DPB Tumbuh Lambat, KPU Trenggalek Prediksi Pemilih 2024 Tambah 0,3 Persen

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) di Kabupaten Trenggalek tumbuh lambat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Trenggalek memprediksikan jumlah pemilih pada pesta demokrasi 2024 cuma bertambah 0,3 persen atau kurang dari 5 ribu orang, Kamis (09/06/2022).

Komisioner KPU Trenggalek Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Muhammad Indra Setiawan, membenarkan pergerakan PDPB sebetulnya dinamis, yakni memiliki kecenderungan terus bertambah, meskipun tidak begitu signifikan.

advertisement

“Kemarin kepentingan kami [menghitung pertambahan jumlah pemilih] untuk jumlah TPS. Dari total 1550 TPS pada 2020. Sementara proyeksi TPS pada 2024 ada 1560. Dan, kapasitas TPS maksimal 500 orang. Jadi perkiraan kurang dari 5 ribu PDPB penambahannya,” jelasnya.

Pergerakan data PDPB yang lambat dapat dilihat dari proses pemutakhiran selama pra tahapan [sebelum ada PKPU]. Indra menjelaskan, teknis pemutakhiran sebelum memasuki tahapan pemilu dengan integrasi data berdasarkan lintas sektor, mulai Disdukcapil, TNI, Polri, hingga Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik).

Namun, kata Indra, teknis pemutakhiran data sebelum tahapan itu belum bisa maksimal, karena terbatas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Teknis pemutakhiran tidak bisa secara holistik sampai 14 kecamatan, karena KPU tidak memiliki badan adhoc sebelum memasuki tahapan pemilu. Jadi, selama ini hanya memaksimalkan SDM yang ada di Kantor KPU atau terbatas ada 45 orang,” ujarnya.

Selain keterbatasan SDM, adapun kendala KPU dalam memutakhirkan data pemilih pra tahapan. Misalnya, pendataan pemilih untuk para disabilitas.

“Sejauh ini memang belum ada, tapi kemarin kita sudah mulai koordinasi dengan yayasan yang menaungi para penyandang disabilitas. Dan, rencananya PDPB para disabilitas akan dilakukan setelah muncul tahapan,” ungkap Indra.

Oleh karena itu, pertumbuhan jumlah pemilih pra tahapan pun lambat. Dimulai dari DPT pada 2020 sebanyak 581.749 pemilih, namun sampai akhir Mei 2022 menjadi 582.582 pemilih.

advertisement

“Jadi ada pertambahan sekitar 1000 saja. Kecenderungan pergerakan memang naik, tapi tidak terlalu signifikan,” terangnya.

advertisement

TERBARU

SIM Bentuknya Kartu tapi Disebut Surat, KK Bentuknya Surat tapi Disebut Kartu, Kenapa Bisa Gitu?

Kabar Trenggalek - Bukan karena kurang kerjaan, tetapi bagi kita sebagai masyarakat yang teliti,...

Pemilu 2024, PKS dan NasDem Pasang Badan Soal Dapil Trenggalek Berubah

Kabar Trenggalek - Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang sudah mendapat perhatian dari partai...

7 Bunga yang Mengeluarkan Aroma Harum saat Malam Hari, Salah Satunya Sering Dijumpai di Pemakaman

Kabar Trenggalek - Untuk menghiasi rumah, kebanyakan orang akan menanam tumbuhan. Entah di depan...

TOPIK TERKAIT