TRENDING

Bupati Trenggalek Tekan Smart City Mudahkan Layanan Masyarakat

Terbit:

Kabar Trenggalek – Lolos asesmen, Kabupaten Trenggalek mendapatkan pendampingan dari Kementerian Kominfo RI susun masterplan Smart City, Rabu (08/06/2022).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, berharap pendampingan dari Kementerian Kominfo ini dapat menghasilkan konsep Smart City yang baik, sehingga dapat mempermudah pelayanan masyarakat.

advertisement

“Saya ingin teknologi itu bisa berinteraksi antara pemerintah dan masyarakat yang mungkin selama ini belum. Jadi aplikasi itu bukan kemudian untuk banyak banyakan, akan tetapi ditujukan untuk mempermudah pelayanan,” jelasnya.

Arifin mengatakan, yang perlu diingat bukan sekadar dinas punya aplikasi atau institusi tertentu punya aplikasi. Namun aplikasi ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan lebih baik atau tidak dan tahapan selanjutnya yang ingin kita dorong.

“Terpilih beberapa Kabupaten/ kota yang didampingi sejak tahun 2017 untuk bisa menyusun master plan Smart City-nya dan mengimplementasikan Smart City di Kota dan Kabupaten,” kata Arifn.

Dari 549 kabupaten/ kota, Trenggalek salah satu yang dipilih. Sebab, berdasarkan asesmen dianggap layak untuk mendapatkan pendampingan lebih lanjut oleh Kementerian Kominfo maupun para pakar Smart City.

Edif Hayunan Siswanto, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek, membenarkan hal tersebut. Kominfo Trenggalek menjadi narahubung antara pemerintah daerah dan pusat.

“Dalam Bimtek ini kita sebagai fasilitator, dan bertugas memberikan akses pendamping untuk mendapatkan data data yang dibutuhkan,” ujar Edif.

advertisement

TERBARU

Kampung Kopi Sengunglung, Wujud Kelestarian Alam Bumi Sumberbening Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kopi menjadi salah satu potensi komoditas unggulan di Desa Sumberbening, Kecamatan...

Jaranan Turangga Yaksa Semarakkan Festival Mata Air Sumberbening, Potret Perjuangan Petani

Kabar Trenggalek - Sejumlah 6 anak dari SDN 1 Sumberbening berlenggak-lenggok mengikuti alunan nada...

Ritual Adat di Sumber Air Plancuran Desa Sumberbening, Warga Berdoa Tolak Tambang Emas Trenggalek

Kabar Trenggalek - Perjuangan tolak tambang emas Trenggalek tidak hanya dilakukan melalui serangkaian aksi...

TOPIK TERKAIT