BerandaNewsPeristiwaTiga Mobil Damkar Turun Padamkan Kandang Sapi Kebakaran di Trenggalek

Tiga Mobil Damkar Turun Padamkan Kandang Sapi Kebakaran di Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Kobaran api menyebabkan kebakaran di Trenggalek. Api itu membakar kandang sapi milik warga Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Trenggalek, Jumat (13/05/2022).

Mito, warga sekitar yang mengetahui kebakaran itu menjelaskan awal kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Awalnya, api yang sudah meluas itu berusaha dipadamkan oleh para pemuda Desa Prambon.

advertisement

“Tadi yang memadankan api awal-awal itu para pemuda. Kemudian karena api terlalu besar, kebetulan ada Pak Samirin (Babinsa Desa Prambon), terus dikabari ada kebakaran,” ujar Mito saat diwawancarai Kabar Trenggalek.

Samirin, Babinsa Desa Prambon, mengatakan mulanya ia sedang memantau kegiatan perbaikan jalan yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Kemudian ia dikabari oleh warga bahwa ada kebakaran tersebut.

“Ada warga yang bilang bahwa di kanan jalan kebakaran, setelah saya cek ternyata di kandang sapi dan kobaran api yang sudah membesar,” ujar Samirin.

advertisement

Melihat kobaran api yang sudah menjalar di serambi rumah dan kandang sapi, Samirin langsung menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Trenggalek.

Stefanus Triadi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Trenggalek, menjelaskan penyebab kebakaran tersebut.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran Trenggalek turun padamkan kobaran api di Desa Prambon, Kecamatan Tugu
Tiga unit mobil pemadam kebakaran Trenggalek turun padamkan kobaran api di Desa Prambon, Kecamatan Tugu/Foto: Satpol PP dan Damkar Trenggalek

Kejadian sulutan si jago merah itu bermula api dari diang (tempat membakar sampah dan kotoran sapi) yang berada di dekat serambi rumah. Lokasi serambi rumah itu bergandengan dengan kandang sapi. Lalu, api itu meluas dan menyebabkan kebakaran.

Serambi rumah yang hangus terbakar api itu merupakan milik Mugiono, warga RT 13 RW 03, Dusun Krajan, Desa Prambon.

advertisement

“Api berasal dari diang di dekat kandang sapi, dan menyebabkan kebakaran yang merugikan satu kandang sapi [dan serambi] milik Mugiono,” jelas Triadi.

Dalam peristiwa kebakaran itu, Satpol PP dan Damkar Trenggalek menurunkan tiga unit mobil pemadam. Proses pemadaman api dilakukan selama 45 menit.

“Untuk kondisi ternak sendiri selamat, dan 45 menit kami sudah melakukan pemadaman dibantu warga sekitar,” ujar Triadi.

Berdasarkan pemantauan lokasi oleh Kabar Trenggalek, kobaran api membakar tumpukan kayu yang menjadi bahan bangunan serambi rumah. Kemudian, sebagian atap kandang sapi terbakar api. Dua sapi milik Mugiono selamat.

Kebakaran itu juga memecahkan kaca di jendela kamar yang berdekatan dengan serambi rumah dan kandang sapi. Sedangkan Mugiono dan penghuni rumah lainnya dalam keadaan selamat.

Catatan Redaksi:

Bagi masyarakat yang mengetahui peristiwa kebakaran bisa melaporkannya ke Pemadam Kebakaran Trenggalek melalui nomor 08113505113.

Pengaduan adanya kebakaran tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bagi masyarakat yang ingin melaporkan kebakaran, bisa baca informasi lengkapnya di artikel ini: Inilah Cara Melaporkan Peristiwa Kebakaran ke Damkar dan Satpol PP Trenggalek

advertisement

Berita Baru

Hari Jadi Jawa Timur ke-77, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Melintasi Trenggalek

Kabar Trenggalek - Panji lambang Provinsi Jawa Timur dikirab melintasi 38 kabupaten/kota di Jawa...

5 Headset Affordable Terbaik untuk Desainer

Kabar Trenggalek - Bekerja sebagai desainer sangat membutuhkan fokus dan suasana yang nyaman. Biasanya...

Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk Push Up, Mahfud MD Beri Komentar

Kabar Trenggalek - Waduh, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Memaki dan Memaksa Sopir Truk...

Viral Hari ini

5 Anime Fall Season 2022 yang Layak dan Wajib Ditonton

Kabar Trenggalek - Musim baru Anime Fall Season 2022 telah tiba dan selamat tinggal...

Berita Terkait