BerandaNewsBMKG Umumkan Potensi Cuaca Ekstrem, 04-09 Maret 2022

BMKG Umumkan Potensi Cuaca Ekstrem, 04-09 Maret 2022

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG umumkan potensi cuaca ekstrem, 04-09 Maret 2022. Hal itu disampaikan Pusat Meteorologi Publik, Kedeputian Bidang Meteorologi, BMKG, Jumat (04/03/2022).

Dalam rilis update Prospek Cuaca Wilayah Indonesia Periode 04-09 Maret 2022, ada tiga jenis informasi yang disampaikan. Ada informasi teknis, informasi publik dan peringatan dini cuaca.

Informasi Teknis Prospek Cuaca Wilayah Indonesia:

  • Terdapat daerah tekanan rendah yang sekaligus menjadi Bibit Badai Tropis “95S” di selatan Jawa Timur – Bali. Bibit badai tropis tersebut berpengaruh tidak langsung terhadap peningkatan intensitas curah hujan dan kecepatan angin di Pulau Jawa, Bali, dan NTB.
  • Indeks-indeks global seperti SOI, NINO3.4, dan IOD menunjukkan nilai yang signifikan, kondisi ini mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia Bagian Timur.
  • Aktivitas MJO saat ini berada pada fase
    netral dan diprakirakan dalam sepekan ke depan masih akan berada pada fase netral. Pada fase ini terjadi penurunan potensi hujan di wilayah Indonesia bagian barat hingga bagian tengah walau tidak signifikan.
  • Aktivitas gelombang atmosfer Kelvin dalam sepekan ke depan menunjukkan kondisi yang signifikan di wilayah Sumatera bagian utara. Prakiraan penjalaran gelombang atmosfer sesuai dengan OLR yang menunjukkan anomali basah di wilayah Sumatera bag. Utara, Kalimantan bagian utara.
  • Pada skala regional, indeks surge dan indeks CENS diprakirakan tidak signifikan pada sepekan kedepan.
  • Kondisi angin gradien dominan Utara hingga Timur laut di Indonesia bagian utara sedangkan Barat – Barat Laut.

Informasi Publik Prospek Cuaca Wilayah Indonesia:

advertisement

Berdasarkan kondisi global, regional, dan probabilistik model:

  • Pada akhir pekan ini potensi hujan lebat mendominasi wilayah: Aceh, Sumut, Kaltim, Kaltara, Jabar, Jateng, Jatim, Yogyakarta, NTB, Sulsel, Maluku, dan Papua.
  • Sementara pada awal pekan depan, potensi hujan lebat diprakirakan akan terdapat di wilayah: Aceh, Jambi, Sumsel, Jabar, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim, Kaltim, Sulsel, Sultra, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
  • Terdapat potensi angin kencang untuk wilayah Pesisir Utara dan Selatan Jawa, Bali, NTB, dan NTT pada periode 03 – 05 Maret 2022.

Peringatan Dini Cuaca Wilayah Indonesia:

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam sepekan kedepan di wilayah:

Tanggal 04 – 05 Maret 2022:

advertisement

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, SulawesiTengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Tanggal 06 – 07 Maret 2022:

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Tanggal 08 – 09 Maret 2022:

advertisement

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

advertisement

Berita Baru

Mengenang Perjuangan Rakyat Bersenjata dalam Peringatan HUT Ke-77 TNI di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kodim 0806 Trenggalek bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek dan pihak...

Spoiler One Piece 1062: Petualangan di Pulau Ilmu Pengetahuan

Kabar Trenggalek - Setelah pada chapter 1061 yang terbit dua pekan yang lalu kita...

Ketua PCNU Trenggalek Tutup Usia, Mas Ipin: Tokoh yang Dicintai Masyarakat 

Kabar Trenggalek - Masyarakat Trenggalek dilanda duka atas wafatnya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Viral Hari ini

Hari Jadi Trenggalek ke-828, Bupati Napak Tilas Perjalanan Sejarah

Kabar Trenggalek - Hari Jadi Trenggalek Ke-828 Bumi Menak Sopal diwarnai dengan beberapa agenda...

Berita Terkait