BerandaNewsPolitikKartu Tanda Penduduk akan Diubah Menjadi Digital, Ini Persiapan Pemkab Trenggalek

Kartu Tanda Penduduk akan Diubah Menjadi Digital, Ini Persiapan Pemkab Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Seiring berkembangnya digitalisasi di Indonesia, kini Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan beralih dari elektronik menjadi digital, Kamis (24/02/2022).

Andriyanto, penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Trenggalek, menjelaskan bahwa pemberlakuan KTP Digital di Trenggalek akan dilaksanakan secara bertahap.

advertisement

Menengok ada beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk memberlakukan digitalisasi KTP. Beberapa di antaranya ada titik lemah sinyal, lalu ada masyarakat yang belum memiliki handphone.

KTP Digital tersebut memudahkan masyarakat dalam penggunaanya, karena semua bisa diakses melalu handphone,” ujar Andriyanto.

Sementara, Edif Hayunan, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Trenggalek, mengatakan pelayanan terkait dokumen harus memiliki prinsip membahagiakan masyarakat.

advertisement

Edif mengatakan, dalam menyambut digitalisasi KTP, Disdukcapil Trenggalek telah melakukan inovasi. Hal ini diwujudkan dengan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Secara Online Paket Lengkap (Siminaksopal).

Edif menjelaskan, aplikasi Siminaksopal tersebut memudahkan masyarakat untuk mengurus dokumen lebih mudah dan secara online.

“Digitalisasi merupakan suatu kebutuhan dimasa sekarang dan mendatang, kebijakan digitalisasi KTP tersebut mampu membuka mindset baik di pemerintah daerah maupun setingkat desa,” kata Edif.

Edif yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Trenggalek tersebut, bakal mendorong area yang memang menjadi kendala sinyal, atau blank spot.

advertisement

“Karena salah satu syarat untuk mendigitalisasi masyarakat, kebutuhannya adalah internet, hal demikian akan kami dorong untuk menekan angka area blank spot,” terangnya.

advertisement

Berita Baru

Tanah Longsor Hampir Menimpa Rumah Warga di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tanah longsor kembali terjadi di Trenggalek. Tepatnya, tanah longsor itu di...

Adu Kesaktian Bawaslu Lawan KPU Trenggalek, 2 Tuntutan Dikabulkan 

Kabar Trenggalek - Adu kesaktian antara lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Trenggalek mencapai...

Gerakkan Roda Ekonomi, Novita Hardini Ajak Perempuan Trenggalek Jualan Sabun Momie

Kabar Trenggalek - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, mengadakan kegiatan Workshop...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1059: Pertempuran Besar di Pulau Amazon Lily

Kabar Trenggalek - Setelah di One Piece chapter yang lalu kita disuguhi dengan bounty...

Berita Terkait