TRENDING

Target PPKM Level 1, Pemkab Trenggalek Sulit Menggerakkan Lansia Ikut Vaksinasi

Terbit:

Kabar Trenggalek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek terus mengejar target untuk masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Salah satu upaya dalam mengejar PPKM Level 1, Pemkab Trenggalek terus mengencarkan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, Jumat (17/12/2021).

Syarat supaya bisa masuk PPKM Level 1, capaian vaksinasi dosis pertama di Trenggalek harus mencapai 70%.

advertisement

Berdasarkan hasil capaian per 17 Desember 2021, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Trenggalek, mencatat cakupan vaksinasi dosis pertama sekitar 65%, kemudian capaian vaksinasi untuk penduduk lanjut usia (lansia) adalah 54,8%.

Baca juga: Kades, Perangkat Desa, dan BPD Se-Kabupaten Trenggalek Demo Tolak Perpres 104 Tahun 2021

“Pemkab terus mengupayakan percepatan vaksinasi Covid-19, paling tidak sebelum natal dan tahun baru 2022 sudah masuk PPKM Level 1,” terang Saeroni. Kepala Dinkes PPKB Trenggalek.

Berdasarkan data capaian vaksinasi Covid-19 tersebut, vaksinasi di Kabupaten Trenggalek masih kurang 5% untuk bisa masuk PPKM Level 1. Saeroni menyebutkan, Kabupaten Trenggalek perlu menyasar 30 ribu masyarakat untuk vaksinasi Covid-19.

Pemkab Trenggalek juga akan menyasar vaksinasi Covid-19 kepada sebagian besar penduduk lansia. Namun, Saeroni mengatakan, saat ini pihaknya masih terkendala dalam menggerakkan penduduk lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Masyarakat Harus Waspada, Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk di Indonesia

ā€œUntuk lansia, saat ini mobilitas mereka untuk datang ke lokasi vaksin sudah agak sulit. Jadi kami sudah mulai jemput bola sampai ke dusun atau RT,ā€ tambah dia.

advertisement

Target percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Trenggalek diharapkan mampu membentengi warga di wilayah tersebut dari risiko lonjakan kasus Covid-19 saat Natal dan tahun baru (Nataru).

ā€œUntuk saat ini, kondisinya masih sangat terkendali. Mudah-mudahan ini bisa bertahan dan tidak terjadi lonjakan kembali,ā€ ujar Saeroni.

advertisement

TERBARU

Hujan Sehari di Trenggalek, Jalan Tutup Total dan Rumah Rusak Dihantam Tanah Longsor

Kabar Trenggalek - Kabupaten Trenggalek terus dilanda berbagai peristiwa bencana alam. Salah satunya tanah...

Siap-Siap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik Trenggalek Besok di 11 Desa

Kabar Trenggalek - Perusahaan Listrik Negara (PLN), Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Trenggalek akan...

Otak Atik Tekan Inflasi di Trenggalek, Pasar Murah dan Bansos Jadi Andalan

Kabar Trenggalek - Pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) harus berpikir...

TOPIK TERKAIT