BerandaNewsEkonomiFakta-Fakta Menarik Pasar Pon Trenggalek, Sempat Habis Terbakar, Kini Jadi Ikon Trenggalek

Fakta-Fakta Menarik Pasar Pon Trenggalek, Sempat Habis Terbakar, Kini Jadi Ikon Trenggalek

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Pasar Pon Trenggalek yang baru saja dikunjungi Preiden Joko Widodo pada Selasa, (30/12/2021), menyimpan fakta menarik. Awalnya, Pasar Pon pernah terbakar pada tahun 2018 silam.

Pedagang Pasar Pon sempat mendapatkan relokasi selama hampir satu tahun. Kemudian, Pasar Pon kembali berdiri dengan perpaduan gaya victoria dan lokal.

advertisement

Berikut fakta menarik Pasar Pon Trenggalek:

1. Pasar Pon dibangun dengan konsep arsitektur classic victorian dan lokal dengan aksen candi dan batu ekspose serta prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH).

2. Pasar Pon sempat menyisakan duka di Trenggalek pada 18 Agustus 2018 karena kebakaran. Pasar Pon Trenggalek kembali di bangun 10 Januari 2020 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya.

advertisement

Baca juga: Selain Meresmikan Bendungan Tugu, Jokowi akan Kunjungi Lahan Pertanian di Trenggalek

3. Pemerintah tidak mau tinggal diam. Pasar Pon yang mengadopsi dua bangunan di London, Convent Garden Market dan Royal Opera House selesai dibangun megah di tengah kota Trenggalek pada Desember 2020.

Pasar Pon diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek pada Februari 2021. Pasar Pon memiliki luas bangunan 11.900 meter persegi ini dapat menampung 479 kios dan 319 los kering.

4. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono lewat siaran pers secara tertulis pada 30 November 2021, menyebutkan Pembangunan Pasar Pon Trenggalek dilakukan untuk meningkatkan fungsi sarana prasana pedangangan masyarakat. Sehinggan menjadi bangunan yang aman, bersih, dan tertata serta lebih estatis (tidak kumuh).

advertisement

“Diharapkan infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Basuki.

Baca juga: Jokowi Berkunjung ke Trenggalek, Warga Kampak Suarakan Tolak Tambang Emas

5. Renovasi pasar juga dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) No. 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

6. Pasar Pon tertelak di tengah kota di Jalan Dewi Sartika, dengan pemandangan bangunan gedung megah itu menelang anggaran APBN TA 2020 sebesar Rp. 73,8 miliar.

Meliputi pekerjaan persiapan (pembersihan dan K3), pekerjaan struktural (lantai 1, lantai 2, dan atap), arsitektural pada lantai 1 dan 2, pekerjaan listrik dan mekanikal (trafo, kabel feeder, CCTV, genset, alarm, pemadam kebakaran, AC), lift serta instalasi plumbing, lansekap, dan sarana penunjang lainnya.

7. Bangunan Pasar Pon didesain memenuhi Standar Teknis Bangunan Gedung dan memiliki kinerja terukur secara signifikan dalam penghematan energi, air, dan sumber daya lainnya melalui penerapan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH).

advertisement

Berita Baru

Info Kebocoran Pipa di Trenggalek, 5 Kecamatan Terdampak

Kabar Trenggalek – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening megumumkan info kebocoran...

Tak Penuhi Kuota Perempuan, Bawaslu Trenggalek Perpanjang Panwaslucam 3 Kecamatan

Kabar Trenggalek - Roda waktu tahapan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus berputar. Tak...

5 Laptop untuk Video Editing Terbaik Tahun 2022

Kabar Trenggalek - Laptop untuk video editing cukup berbeda jika dibandingkan dengan laptop yang...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1058; Bounty Kru Topi Jerami dan Keberuntungan Buggy

Kabar Trenggalek - Arc Wano secara resmi berakhir pada chapter lalu, ditunjukkan dengan berlayarnya...

Berita Terkait