Berita Terkait

58 Anak Trenggalek Beranikan Khitan Berkah Bersama Baitul Maal Hidayatullah

Kabar Trenggalek Baitul Maal Hidayatullah (BMH) rutin mengadakan kegiatan khitan berkah setiap tahunnya. Pada tahun ini, BMH mendatangkan 58 anak untuk dikhitan di Masjid Al Hilal, Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan khitan itu menggandeng tiga elemen, di antaranya adalah BMH Trenggalek, Sedekah Sehari Seribu (S3) dan Takmir Masjid Al Hilal. Muhammad Ikhsan, ketua panitia khitan, mengatakan bahwa peserta khitan berkah ini berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Trenggalek.

- Advertisement -

“Sebanyak 58 anak ini berasal dari kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Seperti data yang saya pegang [koordinasikan], ada dari Kecamatan Bendungan, Trenggalek, Durenan, Dongko dan Pule,” jelas Ikhsan.

Baca juga: Giat Latihan Setiap Hari, Tiga Atlet Pencak Silat Trenggalek Boyong Tiga Medali

Menurut Ikhsan, kegiatan khitan berkah yang semula kuotanya 50 peserta. Namun, karena peminatnya bertambah banyak, akhirnya ditambah 10 kuota. Para peserta khitan berkah mendaftarkan dirinya melalui jaringan di berbagai kecamatan.

- Advertisement -

“Dari penambahan 10 kuota itu, jadi keseluruhan ada 60 kuota. Namun pada hari ini ada 58 anak yang sudah siap untuk dikhitan,” jelas Ikhsan.

Kegiatan khitan berkah itu juga menggandeng rumah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedomo Trenggalek untuk memberikan fasilitas obat kepada peserta.

Salah satu anak peserta khitan berkah yang selesai dikhitan
Salah satu anak peserta khitan berkah yang selesai dikhitan/Foto: Kabar Trenggalek

Baca juga: Anak Kiai di Jombang Ingin Status Tersangka Pelaku Kekerasan Seksual Dicabut, Hakim Menolak

“Ada 14 orang dari rumah sakit Dr. Seodomo yang membantu dalam kegiatan ini,” ujar Ikhsan.

Setelah kegiatan khitan berkah, panitia akan tetap memantau perkembangan kesehatan selama tujuh hari.

“Akan tetap kami pantau perkembangan kesehatan, melalui sambungan grup whatsapp mulai dari pemakaian obat yang sudah diberi resep dari dokternya,” tandasnya.

Nurul Mutoharoh, koordinator Sedekah Sehari Seribu (S3) membenarkan bahwa khitan berkah tersebut sudah masuk dalam progam kegiatannya.

“Sudah ada di agenda progam kerja kami. Karena progam kerja S3 sama dengan BMH untu khitan berkah ini, maka dari itu kami juga ikut bergotong royong,” ujarnya.

- Advertisement -

Berita Baru

sponsor