BerandaNewsPendidikanUniversitas Airlangga Surabaya Kerja Sama dengan Kabupaten Trenggalek Kembangkan Wisata Dilem Wilis

Universitas Airlangga Surabaya Kerja Sama dengan Kabupaten Trenggalek Kembangkan Wisata Dilem Wilis

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Bumi Minak Sopal Trenggalek dilirik kampus besar dalam agenda pengembangan pendidikan. Setelah Universitas Negeri Malang datangi Trenggalek untuk mendirikan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), kini Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tak mau kalah, Rabu (13/10/2021).

Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya tertarik untuk melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Trenggalek.

advertisement

Terlebih, Pemkab Trenggalek tengah berupaya mengembangkan area Dilem Wilis sebagai science techno park yang akan mendukung kawasan Selingkar Wilis.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, mengatakan dalam Peraturan Presiden nomor 80 tahun 2019, kawasan selingkar wilis ditetapkan sebagai science techno park. Oleh karena itu, Trenggalek butuh banyak ilmuan yang diciptakan oleh perguruan tinggi.

Baca juga: Universitas Negeri Malang akan Buka Kampus di Trenggalek

advertisement

“Maka Dilem Wilis kita peruntukkan untuk komplek human development estate [perkebunan pengembangan manusia] sama science techno park [taman teknologi sains] nanti di sini. Kemarin sudah UM, sekarang Sekolah Pascasarjana [Unair Surabaya]. Nanti kita melihat beberapa lokasi yang bisa kita kerjasamakan dan nanti detailnya akan kita tindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama,” tegas pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Badri Munir Sukoco, Direktur Pascasarjana Unair Surabaya, mengatakan ketertarikannya terhadap rencana mewujudkan Dilem Wilis sebagai ekosistem inovasi di Trenggalek.

“Melihat kondisi yang ada, ekosistem eco-tourism [wisata alam] adalah yang paling tepat untuk dibangun di kawasan Dilem Wilis,” jelas Badri.

Badri mengatakan, untuk menarik orang datang di Dilem Wilis harus melibatkan investor, dan orang terampil dalam bidangnya.

advertisement

Baca juga: Menikmati Kesejukan Wisata Kali Temon Trenggalek

“Tadi saya lihat bangunannya otentik semua, apakah ini sudah ada sejarahnya? Kalau misalnya belum, nah ini adalah pekerjaan bagi teman-teman di industri kreatif untuk menulis ulang sejarah tersebut. Dan bisa menarasikannya kepada masyarakat dan tentunya akan berdampak secara ekonomi,” ujar Badri.

advertisement

Berita Baru

Info Kebocoran Pipa di Trenggalek, 5 Kecamatan Terdampak

Kabar Trenggalek – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening megumumkan info kebocoran...

Tak Penuhi Kuota Perempuan, Bawaslu Trenggalek Perpanjang Panwaslucam 3 Kecamatan

Kabar Trenggalek - Roda waktu tahapan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus berputar. Tak...

5 Laptop untuk Video Editing Terbaik Tahun 2022

Kabar Trenggalek - Laptop untuk video editing cukup berbeda jika dibandingkan dengan laptop yang...

Viral Hari ini

Spoiler One Piece 1058; Bounty Kru Topi Jerami dan Keberuntungan Buggy

Kabar Trenggalek - Arc Wano secara resmi berakhir pada chapter lalu, ditunjukkan dengan berlayarnya...

Berita Terkait