BerandaNewsLingkunganAliansi Rakyat Trenggalek Ingatkan Dampak Rusaknya Alam akibat Tambang Emas

Aliansi Rakyat Trenggalek Ingatkan Dampak Rusaknya Alam akibat Tambang Emas

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek Petisi penolakan tambang emas Trenggalek tembus 19.000 lebih tanda tangan. Berkaitan dengan penolakan ini, Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) getol mengingatkan dampak rusaknya alam jika tambang emas beroperasi di bumi minak sopal Trenggalek, Minggu (12/09).

Mukti Satiti, Koordinator ART mengatakan beberapa pertimbangan yang sampai saat ini masih menjadi landasan untuk melakukan penolakan eksploitasi tambang emas Trenggalek.

advertisement

Mukti memulai dengan sebuah pertanyaan, “Jika musim kemarau masyarakat trenggalek kekeringan, bagaimana nantinya jika sumber yang menghidupi masyarakat, dirusak oleh aktivitas tambang emas?”

“Tidak bisa mengelak lagi, jika kemarau masyarakat kekeringan, karena masyarakat sangat bergantung pada sumber mata air. Wilayah konsesi tambang emas di Trenggalek, banyak sumber mata air yang selama ini menghidupi masyarakat,” terang alumni Teknik Elektronika ITN, Malang itu.

Mukti mengatakan, Kabupaten Trenggalek memiliki banyak kawasan karst. Kawasan karst di Trenggalek berfungsi sebagai tandon alami sumber mata air. Jika terjadi penambangan emas, alam Trenggalek bakal terancam.

advertisement

“Peta ekploitasi tambang emas akan dimulai dataran tinggi buluroto. Pasti akan menyebabkan dampak sumber yang berada di bawah, seperti sungai tawing, sumber muncar dan situs telaga ngudalan,” jelas Mukti.

Mukti melanjutkan, masyarakat harus paham terkait dampak tambang emas yang wilayah konsesinya juga berada dipermukiman. Permukiman yang sudah bertahan dari berbagai generasi harusnya sadar akan bencana ekologis yang mengancamnya.

“Kami juga terus mengawal bagaimana Pemerintah Daerah Trenggalek berkomitmen dan memihak dengan masyarakat, sesuai dengan jargon Meroket. Besok kita mengadakan diskusi. Saya harap partisipasi dari masyarakat agar semua paham,” tutup Mukti.

Link pendaftaran diskusi publik “Rakyat Trenggalek Waspada Tambang Emas,”: bit.ly/trenggalekwaspada

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

DPRD Palembang Pukul Wanita Karyawan SPBU: Saya Khilaf

Kabar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang aniaya pegawai SPBU. Kegiatan keji...

Berita Terkait