BerandaNewsEkonomiProyek Bendungan Tugu Trenggalek Targetkan Operasi Penggenangan Tahun 2021

Proyek Bendungan Tugu Trenggalek Targetkan Operasi Penggenangan Tahun 2021

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek  – Proyek Strategis Nasional Bendungan Tugu Trenggalek, sudah mencapai sembilan puluh tiga persen (93%). Bangunan tersebut tinggal menyelesaikan beberapa tahapan. Seperti menyelesaikan pekerjaan landscaping, finishing, dan spilway, jumat (09/07).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Nglinggis Tugu, Yuda Tantra Ahmadi menjelaskan bahwas bangunan utama sudah selesai. Saat ini bangunan utama siap masuk dalam tahapan penggenangan air atau impounding. Hanya saja dalam waktu dekat pihaknya sedang menyelesaikan sertifikasi impounding ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

advertisement

“Untuk tahapan sertifikasi sudah kami ajukan dan sudah melaksanakan sidang teknis. Pekan depan akan sidang kembali. Sebelum bulan september, kami akan sidang dengan Dirjen di Jakarta,” terang Yudha.

Yudha berharap, sertifikat pembangunan Bendungan Nglinggis Tugu ini bisa segera terbit pada tahun ini. Sehingga penggenangan ditargetkan bisa dilaksanakan pada tahun 2021.

“Nantinya kalaupun sudah impounding, jelas sudah dalam keadaan tergenang tapi belum bisa beroperasi. Untuk dapat beroperasi, Bendungan Nglinggis Tugu ini harus memilki sertifikat Operasi Pemeliharaan,” jelas Yudha.

advertisement

Yudha menyampaikan, sertidikat Operasi Pemeliharaan bisa didapatkan melalui pengujian bendungan dengan beberapa proses setelah penggenangan dilakukan.

“Nanti jika sudah beroperasi, bendungan ini akan mengairi 1.200 hektare lahan, air baku 12 liter per detik, dan potensi listrik tenaga microhidro sebesar 0,4 megawatt,” ungkap Yudha.

Perlu diketahui, Bendungan Nglinggis Tugu dibangun sejak 2014 silam. Pembangunan dengan metode pembangunan multyears, menyerap anggaran total Rp. 1,2 Trillun. Bendungan yang berada di dekat ruas jalan nasional Trenggalek-Ponorogo ini diperkirakan memiliki daya tampung air 9,3 juta meter kubik.

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

DPRD Palembang Pukul Wanita Karyawan SPBU: Saya Khilaf

Kabar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang aniaya pegawai SPBU. Kegiatan keji...

Berita Terkait