BerandaNewsMas Ipin Beberkan 5 Fokus dalam Pembangunan 5 Tahun Mendatang untuk Masyarakat...

Mas Ipin Beberkan 5 Fokus dalam Pembangunan 5 Tahun Mendatang untuk Masyarakat Trenggalek

Terbit:

advertisement

Mas Ipin Beberkan 5 Fokus dalam Pembangunan 5 Tahun Mendatang untuk Masyarakat Trenggalek

KABARTRENGGALEK.com  Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, membeberkan lima fokus pembangunan di wilayah yang ia pimpin dalam lima tahun mendatang untuk masyarakat Trenggalek. Hal itu disampaikannya saat memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (Musrembang RPJMD) 2021-2026, yang digelar Rabu (17/06).

advertisement

Lima fokus yang ia maksud, yakni prioritas di bidang ekonomi, pariwisata, sumber daya manusia, dan lingkungan hidup. “Di sisi ekonomi, kami berorientasi pada peningkatan pendapatan daerah, investasi, peningkatan skill Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi pesantren,” terang pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Sementara untuk pariwisata, Mas Ipin bersama pihaknya akan membentuk kepariwisataan yang aman covid-19 untuk beberapa tahun mendatang. Hal ini karena kondisi Covid-19 secara umum di Jawa Timur ataupun Indonesia masih belum bisa membaik.

“Caranya, yakni dengan berkolaborasi bersama masyarakat. Juga mengajak seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mengampu 35 desa wisata. Semoga lewat ini kami bisa membuka ruang kolaborasi,” katanya.

advertisement

Dari sisi sumber daya manusia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek punya beberapa strategi untuk meningkatkannya. Salah satunya lewat program-program yang disematkan di beberapa OPD. Sehingga, masalah sumber daya manusia tak sekadar menjadi persoalan pendidikan di Dinas Pendidikan.

“Dari sisi lingkungan, kami ingin pemantapan sektor-sektor yang tadi telah kami sebut memperhatikan dampak lingkungan. Misalnya, dari sisi sektor ekonomi primer, kami mendorong sektor agrobisnis dan agroindustri untuk bisa lebih berkembang,” ungkap Mas Ipin.

Pembahasan Musrembang RPJMD kali ini, kata Mas Ipin, juga disesuaikan dengan RPJM nasional dan RPJMD Provinsi Jawa Timur. “Kami rumuskan semuanya berdasarkan indikator-indikator yang ada, lalu kami mantapkan dalam RPJMD Kabupaten Trenggalek yang saat ini sudah memasuki tahap akhir ini,” pungkas Mas Ipin.

advertisement

Berita Baru

Pemilik Motor 250cc Keatas Harus Membuat SIM CI dan CII, Ini Syaratnya

Kabar Trenggalek - Pemilik kendaraan bermotor roda 2 dengan kapasitas mesin 250 cc keatas...

Polisi Sikat Tujuh Tersangka Pelaku Kejahatan di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menggelar operasi Sikat Semeru 2022. Dalam operasi...

Pernikahan Dini di Trenggalek Tinggi, Pemerintah Kelabakan Cari Solusi

Kabar Trenggalek - Angka pernikahan dini di Trenggalek tak lain sama dengan jargon 'Meroket',...

Viral Hari ini

DPRD Palembang Pukul Wanita Karyawan SPBU: Saya Khilaf

Kabar Trenggalek - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang aniaya pegawai SPBU. Kegiatan keji...

Berita Terkait