BerandaNewsHukumBupati Trenggalek Copot Jabatan Sekdes dan Kasun di Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan

Bupati Trenggalek Copot Jabatan Sekdes dan Kasun di Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan

Terbit:

advertisement

Kabar Trenggalek   Pil pahit harus ditelan Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Dusun (Kasun) Krajan, Desa Ngulanwetan, Kecamatan Pogalan, Trenggalek, yang masih hitungan bulan menjabat. Keduanya harus lengser dari kursi yang baru diduduki itu. Alasannya, Bupati Trenggalek mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk membatalkan pengangkatan perangkat desa yang dilakukan Kepala Desa (Kades) setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Trenggalek, Edy Soepriyanto membenarkan hal tersebut. Edy menjelaskan, Bupati sudah mengeluarkan SK tentang polemik pengangkatan Sekdes dan Kasun Krajan, Desa Ngulanwetan. SK Bupati itu berisi pembatalan pengangkatan perangkat desa yang dilakukan Kades. “Iya, benar,” ungkapnya pada Minggu (06/06).

advertisement

Melalui SK Bupati, lanjut Edy, keputusan Kades terkait pengangkatan perangkat desa menjadi tidak berlaku. Artinya, Sekdes dan Kasun Krajan dihentikan dari jabatannya sejak diterbitkannya SK Bupati. “Jadi, tidak berfungsi. Perangkat desa yang sempat dilantik itu off dan tidak mendapat hak-haknya mulai Juni ini,” ujarnya.

Dengan adanya pencopotan kedua perangkat desa, kata Edy, belum dapat dipastikan bagaimana kelanjutannya nanti. Belum ada kepastian apakah posisi Sekdes dan Kasun yang kosong itu diambilkan dari dua kandidat yang mendapat berita acara dari panitia terkait seleksi perangkat Desa Ngulanwetan atau tidak. Menurut Edy, kebijakan itu menunggu keputusan dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Itu menunggu keputusan PTUN,” tutupnya.

Sebelumnya, Maryanto, kandidat Kasun Krajan, Desa Ngulanwetan, menggugat Kadesnya karena melantik Kasun yang tidak mengantongi berita acara panitia yang sah. Saat ini, gugatan tersebut sudah masuk ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya.

advertisement

Berita Baru

Duka Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kabar Trenggalek - Kabar duka menghampiri seluruh masyarakat Indonesia. Pasca pertandingan Arema Vs Persebaya...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Jokowi Layangkan Tiga Tuntutan 

Kabar Trenggalek - Tragedi Stadion Kanjuruhan yang melangsungkan pertandingan sepak bola BRI Liga 1...

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden Arema FC Juragan 99 Angkat Bicara 

Kabar Trenggalek - Insiden merenggut nyawa dunia sepak bola Indonesia mendapatkan perhatian khusus dari...

Viral Hari ini

Wisata Berbasis Konservasi Alam Kedung Gede, Satu Satunya di Trenggalek

Kabar Trenggalek - Tidak terlalu jauh dari kota untuk menuju Kedung Gede di Desa...

Berita Terkait