Pohon Berhimpitan dengan Rumah di Trenggalek Roboh, Atap Rusak

pohon-berhimpitan-dengan-rumah-di-trenggalek-roboh-atap-rusak

Pohon roboh di Trenggalek timpa rumah warga/Foto: Dok BPBD

Tiada angin dan hujan, pohon yang berhimpitan dengan rumah warga tiba-tiba roboh. Peristiwa tersebut berada di Desa Rejowinangun, Kecamatan Trenggalek, Selasa (04/06/2024).

Peristiwa pohon roboh itu menimpa atap rumah Sururi. Dalam proses pembersihan material Badan Penanggulangan Bencana Daerah diterjunkan.

Kalaksa BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono menerangkan, kejadian pohon roboh tersebut sekitar pukul 08.03 WIB. Untungnya pemilik rumah selamat.

“Personel kami menerima laporan bahwa ada pohon roboh, kemudian melakukan pembersihan material,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Material kayu menimpa genting. Sehingga genting tersebut mengalami rusak karena benturan keras dengan kayu yang diduga lapuk pada bagian akar.

“Pohon Jenis Jati, diameter 30 cm, panjang 13 meter pohon tumbang dikarenakan akar lapuk,” papar Triadi.

Dalam peristiwa pohon tumbang tersebut kerugian yang ditaksir mencapai 500 ribu. Dengan kerusakan genting pecah dan beberapa reng patah.

Triadi juga menghimbau kepada masyarakat, jika berhimpitan dengan pohon lebih baik di cek secara berkala, jika membahayakan lebih baik dipotong.

“Jika ada pohon berdekatan dengan rumah, lebih baik dipotong. Karena membahayakan,” tandasnya.

Exit mobile version