Kriuk Manisnya Keripik Gedang, Oleh-Oleh Khas Panggul Trenggalek

kriuk-manisnya-keripik-gedang-oleh-oleh-khas-panggul-trenggalek

Keripik gedang, oleh-oleh khas Panggul Trenggalek/Foto: Syahid (Kabar Trenggalek)

Oleh: Syahid Khayatul Mutaqin*

Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kekayaan kulinernya yang khas. Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Panggul adalah keripik gedang (pisang).

Oleh-oleh khas Panggul Trenggalek itu terbuat dari pisang lokal yang diolah dengan cara tradisional. Pisang diiris tipis, kemudian digoreng hingga renyah dan dibumbui dengan gula merah cair. Rasa yang manis, gurih, dan renyah membuat keripik gedang menjadi camilan favorit para wisatawan.

Salah satu toko yang menjual keripik gedang adalah Toko Aneka Rasa. Toko ini dikelola oleh Reka Pamuladsih. Selain keripik gedang, toko ini menjual beberapa cemilan lokal Trenggalek seperti alen-alen, brondong, kolong kletik, dan lain-lain.

Toko Aneka Rasa buka mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Lokasinya berada di RT 11 RW 03, Dusun Panggul, Desa Panggul. Dari perempatan gerdon ke utara sekitar 50 meter. Sedangkan dari Balai Kota Panggul bisa ditempuh dengan waktu 10 menit.

Reka menjelaskan, bisnis oleh-oleh khas Panggul itu berdiri sejak 2004. Awalnya hanya memproduksi sale. Seiring berjalannya waktu, diproduksi keripik pisang. Setelah, banyak pelanggan yang membeli, bisnis tersebut terus berkembang.

“Akhirnya membuat toko kecil-kecilan. Terus berkembang dan berjalannya waktu menambah produk baru seperti kue pisang, pisang sagu, dan beberapa varian pisang lainnya,” ujar Reka.

Reka bisa memproduksi ratusan bungkus keripik pisang dan olahan pisang lainnya. Jumlah produksi bisa meningkat pada akhir pekan sekitar 1000 pack.

“Banyak konsumen yang membawa produk kami ke luar kota seperti Surabaya dan lain-lain. Keripik atau produk lainnya yang dijual dengan harga terjangkau hanya 10 ribu sampai 20 ribu per pack ” terangnya.

*Syahid Khayatul Mutaqin adalah calon kontributor Kabar Trenggalek.

Exit mobile version