Libur Lebaran 2024, 7 Wisata Pantai di Trenggalek Ini Perlu Kamu Kunjungi

libur-lebaran-2024-7-wisata-pantai-di-trenggalek-ini-perlu-kamu-kunjungi

Ibu dan anak sedang menikmati wahana air speed boat di Pantai Mutiara Trenggalek/Foto: @titik_nurul_fahmi (Instagram)

Momen libur Hari Raya Idul Fitri adalah saat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga besar. Karena, bagi sebagian orang jarang-jarang bisa berkumpul kecuali saat lebaran.

Tak perlu bingung mencari tempat liburan di Trenggalek. Dalam artikel ini, Kabar Trenggalek merekomendasikan wisata pantai di Trenggalek spesial libur lebaran 2024.

Trenggalek memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan eksotis. Selain itu pantai di Trenggalek memiliki tempat yang nyaman dan tempat seperti ini sangat pas sekali dijadikan tujuan berlibur lebaran bersama keluarga tercinta.

Pantai di Trenggalek memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai di tempat lain. Yaitu ombaknya yang dominan tidak terlalu tinggi sehingga bisa bermain air di tepian pantai. Mulai dari Pantai Mutiara, Pantai Cengkrong, Pantai Kebo, Pantai Prigi, Pantai Pelang, Pantai Kuyon, serta Pantai Blado.

Umumnya, pantai yang berada di kawasan teluk memiliki ombak yang relatif kecil. Sehingga airnya jauh lebih tenang dari pada pantai tanpa teluk.

Keunggulan pantai yang berada di sebuah teluk adalah ada nilai tambah dari keindahan alamnya. Perpaduan hijaunya tumbuhan yang mengelilingi pantai dengan birunya laut adalah pemandangan yang eksotis.

7 Wisata Pantai di Trenggalek Spesial Libur Lebaran 2024

1. Pantai Mutiara

Ramainya Pantai Mutiara Trenggalek saat musim liburan/Foto: Dessy Nur Fadzila

Pantai Mutiara seperti namanya, pantai ini memiliki keindahan yang eksotis bak permata mutiara. Bagaimana tidak, putihnya pasir pantai yang lembut ketika bersentuhan dengan kaki dengan tempatnya yang asri bak permata yang tersembunyi dari Trenggalek.

Di Pantai Mutiara juga terdapat berbagai macam wahana air yang bisa Anda coba bersama keluarga. Seperti Sepeda Air, Rolling Donut, Bola Air, Speed Boat, Jet Ski, Snorkling, Perahu Kano dan yang paling seru menantang adrenalin adalah banana boat.

Selain itu, jika Anda hendak berlibur lebih lama di pantai ini tak perlu khawatir mencari tempat menginap. Karena Pantai Mutiara sudah memiliki home stay yang pas untuk kebutuhan keluarga.

Karena memiliki tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda, Anda juga bisa camping di Pantai Mutiara bersama keluarga. Dengan camping Anda akan mendapatkan pengalaman wisata menarik di Trenggalek.

Jka bicara wisata pantai ada satu hal yang tak boleh terlewatkan, yakni spot melihat sunset. Pantai Mutiara juga termasuk salah satu spot terbaik di Trenggalek untuk melihat sunset.

Langit yang berwarna jingga berpadu dengan indahnya pantai adalah pemandangan yang sayang sekali jika dilewatkan. Belum lagi menikmati suasana senja bersama orang tercinta.

Tak ketinggalan wisata kuliner, di Pantai Mutiara juga banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas bahari. Yang paling terkenal adalah ikan asap. Anda juga bisa membawa pulang ikan asap sebagai oleh-oleh khas Trenggalek.

Lokasi: https://goo.gl/maps/C7cKds9rMxbnFT8A8

2. Pantai Pantai Cengkrong

Keseruan wisata alam di Pantai Cengkrong/Foto: Elisa Felipe

Pantai Cengkrong masih berada satu kecamatan dengan Pantai Mutiara. Suguhan pemandangan di Pantai Cengkrong berbeda dengan di Pantai Mutiara. Kalau di Pantai Mutiara Anda disuguhkan dengan pasirnya yang lembut dan berwarna putih, di Pantai Cengkrong Anda akan disuguhkan pemandangan alam menakjubkan, Yakni gugusan hutan bakau yang dihuni berbagai macam mahkluk hidup.

Hutan bakau adalah salah satu ekosistem penyangga di kawasan pesisir. Akarnya yang kuat mampu menahan gelombang pasang air laut, sementara di satu sisi menjadi tempat bernaungnya berbagai macam satwa.

Hutan bakau yang lebat di Pantai Cengkrong membuat wisatawan yang berkunjung terkagum-kagum dan enggan untuk beranjak. Hutan bakaunya yang rimbun dan terhampar luas menjadi misteri, seolah mengajak untuk ditelusuri keindahannya.

Pantai Cengkrong juga bisa menjadi wisata edukasi untuk buah hati Anda. Di sana Anda dapat mengenalkan berbagai macam tumbuhan yang ada di bumi, yakni pohon bakau. Kemudian bisa memperlihatkan bagaimana pohon bakau bekerja di ekosistemnya.

Bagi penggemar fotografi landscape, pantai ini juga bisa Anda jadwalkan untuk dikunjungi. Alasan paling kuat kenapa Anda harus berkunjung ke sini adalah tempatnya yang cocok untuk melihat sunrise.

Saat pagi tiba, matahari beranjak naik dari balik gunung. Cahayanya yang terang berpadu dengan indahnya hamparan pohon bakau. Pemandangan indah yang sulit jika diungkapkan lewat kata-kata.

Lokasi maps: https://goo.gl/maps/MUERPCbbZWiZEmn29

3. Pantai Kebo

Suasana berkemah di Pantai Kebo/Foto: Alfath

Pantai Kebo atau Pantai Ngulungwetan berada di kecamatan munjungan, tepatnya di Desa Ngulungwetan. Pantai ini memiliki pemandangan eksotis dan menawan. Bagaimana tidak, pasir pantai yang berwarna keputihan berpadu dengan hamparan tanah yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Di pantai ini juga menjadi tempat camping yang syahdu di Trenggalek. Sehingga jika Anda hendak mencari tempat camping sekaligu wisata pantai maka tepat jika memilih tempat ini.

Yang menariknya lagi, tempatnya masih terhindar dari polusi cahaya. Sehingga jika cuaca sedang cerah tanpa awan tebal, di malam hari Anda bisa menyaksikan foto gugusan bintang di galaksi tercinta kita Bima Sakti. Sebuah pemandangan menakjuban terutama ditemani orang tersayang.

Ada pengalaman unik yang bisa Anda dapatkan di pantai ini, yakni ada kerbau yang digembala disekitaran pantai. Karena inilah pantai ini juga dinamakan pantai kebo.

Pada momen yang tepat, biasanya di pagi atau sore hari, Anda bisa menyaksikan warga sedang mengarak kerbaunya menyebrang sungai menuju padang rumput di dekat pantai. Momen ini bisa Anda abadikan lewat ponsel pintar atau kamera Anda.

Lokasi maps: https://maps.google.com/?cid=8770234746145731030&entry=gps

4. Pantai Prigi

Wisatawan sedang menikmati kesejukan air laut di Pantai Prigi/Foto: Instagram (@daniel.project28)

Pantai Prigi berdekatan dengan Pantai Mutiara. Pantai Prigi ini memiliki warna pasir kecoklatan yang eksotis. Tak hanya itu, airnya yang jernih dan berwarna kebiruan menambah keindahannya.

Pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 35 km dari arah pusat kota Trenggalek dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan.

Ada banyak tempat menarik yang menjadikan Pantai Prigi begitu mempesona pengunjung. Salah satunya adalah Taman Prigi.

Sebuah taman yang dipenuhi tumbuhan dan berada di pesisir memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, taman ini membuat Pantai Prigi semakin menawan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, silakan baca: panduan lengkap berwisata di Pantai Prigi Trenggalek

Lokasi maps: https://maps.app.goo.gl/tM9S5oBSgbjyJBve6

5. Pantai Pelang

Wisatawan sedang menimati pemandangan indah di Pantai Pelang/Foto: Agus Ari

Pantai Pelang yang berada di Kecamatan Panggul sudah tidak asing lagi bagi beberapa wisatawan dan pemburu foto landscape. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah dan bentangan pantai yang luas, didekat Pantai Pelang terdapat air terjun yang eksotis.

Wisata pantai terpisah dari tempat parkir, sehingga perlu berjalan beberapa meter untuk menimati keindahan Pantai Pelang.

Sepanjang jalan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau. Tebing yang menjulang tinggi dan suara gemuruh ombak yang menerjang batu karang.

Wisatawan dilarang berenang di Pantai Pelang karena ombaknya yang besar. Namun, jangan khawatir, karena masih bisa bermain air di air terjun.

Airnya yang jernih dapat menyegarkan tubuh setelah seharian menikmati keindahan pantai.

Lokasi maps: https://maps.app.goo.gl/JCU1h5B2576WWsZp6

6. Pantai Kuyon

Landscape keindahan alam di Pantai Kuyon/Foto: Yanu Andi Prasetyo

Pantai Kuyon adalah salah satu surga tersembunyi di Trenggalek. Bukan tanpa alasan, pantai yang indah dengan panorama sawah dan laut berada di kawasan yang cukup tersembunyi.

Meskipun cukup tersembunyi, akses ke oantai ini cukup mudah. Serta, tidak jauh dari pusat keramaian di Kecamatan Panggul.

Yang membuat Pantai Kuyon begitu eksotis dan indah adalah hamparan sawah sejauh mata memandang dan berpadu dengan eloknya dengan keindahan pantai.

Untuk mencapi pantai berpasir wisatawan harus berjalan kaki melewati jalan yang lebarnya kurang lebih 1,5 meter. Jalan ini melewati hamparan sawah dengan padinya yang menari-nari ketika angin berhembus.

Kemudian dari kejauhan warna-warni perahu nelayan yang berjajar dengan rapi membuat pemandangan pantai semakin eksotis. Tempatnya yang indah dan instagramable paling pas untuk dijadikan tempat foto.

Lokasi maps: https://maps.app.goo.gl/5Pr7vibDKDJ8PEEX8

7. Pantai Blado

Suasana senja di Pantai Blado/Foto: Fatih Irfan

Deburan ombak laut dengan horizon pantai yang luas memberi ketenangan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Pantai Blado. Berwisata di Pantai Blado juga nyaman, karena hembusannya tidak terlalu kencang.

Wisatawan bisa mengabadikan suasana Pantai Blado dengan foto maupun video. Selain suasana pantai, pengunjung juga bisa mengambil foto atau video di area muara. Sebab, air di muara begitu tenang dan indah.

Kemudian pedagang kuliner khas bahari di Pantai Blado yang berjejer hampir sepanjang garis pantai. Pilihan kuliner jadi lebih beragam dan siap mengisi tenaga setelah berwisata seharian.

Lokasi maps: https://maps.app.goo.gl/37QFwzeTrbYe3sA26

Demikian rekomendasi tempat wisata Pantai Trenggalek spesial liburan lebaran. Jangan lupa untuk berwisata secara aman, supaya tidak mengalami kecelakaan. Semoga liburan Anda menjadi menyenangkan.

Exit mobile version