Pohon Petai di Dongko Ambruk, Timpa Atap Rumah Warga: Rugi Puluhan Juta

pohon-petai-di-dongko-ambruk-timpa-atap-rumah-warga-rugi-puluhan-juta

Kondisi rumah tertimpa pohon petai tumbang/Foto: Dok. BPBD Trenggalek

Cuaca hujan di Trenggalek membawa bencana. Peristiwa bencana di Trenggalek kali ini pohon tumbang. Pohon petai di Desa Pringapus, Kecamatan Dongko, tumbang.

Peristiwa pohon tumbang tersebut mengenai atap rumah warga RT 30 RW 07, karena jarak pohon dengan rumah warga atas nama Kemis tersebut tidak berjauhan.

Kalaksan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono melalui keterangan tertulis, kejadian itu pasca wilayah Dongko diguyur hujan mulai Pukul 19.30 WIB, Jumat (08/03/2024).

“Lokasi mulai malam hari cuacanya hujan, sehingga pada dini hari 01.45 WIB, Sabtu [09/03/2024] pohon petai tumbang dan mengenai genting,” terangnya.

BPBD Trenggalek mencatat pohon petai yang menimpa atap rumah warga itu keadaanya hingga rusak parah. Genting banyak pecah dan kayu penyangga juga rusak, sehingga perlu perbaikan.

Lebih lanjut, untuk antisipasi sementara atap yang mengalami rusak tersebut ditutup dengan terpal, sehingga air hujan tidak masuk di rumah.

“Petugas terkait bersama BPBD Trenggalek melakukan evakuasi material pohon tumbang, kerugian ditaksir mencapai 11 juta,” katanya.

Triadi mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat bencana yang datang di waktu hujan. Seperti, pohon tumbang, tanah longsor dan banjir.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan adanya bencana di musim hujan,” ujarnya.

Exit mobile version