Jadwal Lengkap Pilkada 2024, Ini Tanggal Coblosannya

jadwal-lengkap-pilkada-2024-ini-tanggal-coblosannya

Ilustrasi. Jadwal lengkap pilkada 2024/Foto: Dok. KPU RI

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menetapkan jadwal lengkap pilkada 2024. Informasi itu disampaikan dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan dan jadwal pilkada.

Peraturan tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU, Hasyim Asy’ari pada 26 Januari 2024. Detailnya yaitu PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024.

Sebelumnya, Hasyim bersama jajaran KPU melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi II DPR, Kemendagri, Bawaslu dan DKPP, di Ruang Rapat Komisi II DPR, Selasa (16/01/2024).

Dalam rapat itu, KPU mengonsultasikan tiga PKPU. Pertama, Rancangan PKPU tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum.

Kedua, Rancangan PKPU tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu. Ketiga, Rancangan PKPU tentang Tahapan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Hasyim membacakan poin-poin perubahan pada pasal yang termaktub di dalam ketiga draf PKPU. Salah satu yang disampaikan yakni perubahan pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat bantu, yakni dari Sistem Informasi Penghitungan (Situng) di Pemilu 2019, menjadi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk pemilu 2024.

Jadwal Lengkap Pilkada 2024:

Berdasarkan informasi dari PKPU tersebut, dapat diketahui pencoblosan atau pemungutan suara pilkada 2024 yaitu pada tanggal 27 November 2024.

Exit mobile version