Tak Kuat Tahan Beban, Pohon 15 Meter Roboh: Tutup Jalan Trenggalek 

20240119 131532

Evakuasi pohon tumbang yang menutup di jalan/Foto: Dok. BPBD Trenggalek

Tak kuat menahan beban, pohon di pinggi jalan Trenggalek tumbang. Peristiwa pohon tumbang itu di wilayah Jalan Mayjen Sungkono, Kelurahan Tamanan, Kabupaten Trenggalek. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, menerangkan peristiwa pohon tumbang itu terjadi pada Pukul 02.29 WIB, Jumat, (19/01/2024). Kejadian pohon tumbang pasca hujan melanda sejak 20.00 WIB, Kamis (18/01/2024). 

Kalaksa BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono, mengatakan saat mendapat informasi itu, Tim Reaksi Cepat BPBD turun untuk melakukan evakuasi, karena menutup jalan. 

Dalam evakuasi pohon tumbang, BPBD menggunakan gergaji mesin. Pohon yang tumbang jenis trembesi. Evakuasi pohon tumbang itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

“Jalur terhambat hingga pukul 03.20 WIB, pohon yumbang tersebut berdiameter 60 centimeter dan ketinggian 15 meter,” terang Triadi saat dikonfirmasi. 

Dampak dari pohon tumbang itu mengakibatkan mobilitas pengendara tak bisa melintas. Sehingga jalan mengalami kemacetan mengular hingga 50 centimeter. 

“Saat pohon tumbanh dalam evaluasi, petugas bpbd juga melakukan pengaturan lalu lintas, agar kemacetan bisa segera terkondisikan,” tambahnya. 

Triadi mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap waspada dan hati-hati. Karena saat ini sudah memasuki musim hujan, potensi pohon tumbang di jalan masih ada. 

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati, untuk menghindari potensi pohon tumbang,” ujarnya.

Exit mobile version