Tema dan Jadwal Debat Capres Cawapres Pemilu 2024, Isu Lingkungan Jadi Prioritas

tema-dan-jadwal-debat-capres-cawapres-pemilu-2024

Ilustrasi. Debat capres cawapres pemilu 2024/Foto: Dok. Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan tema dan jadwal debat capres cawapres pemilu 2024. Mochammad Afifuddin, Komisioner KPU RI, mengatakan lingkungan hidup menjadi salah satu isu prioritas.

“Kami belum ambil keputusan, tapi 99,9% isu lingkungan hidup akan menjadi salah satu isu yang diprioritaskan untuk menjadi pokok bahasan dalam salah satu tema debat,” ujar Afif dalam diskusi bersama Centre for Strategic and International Studies (CSIS) di Jakarta November lalu.

Afif menyampaikan, KPU akan menyiapkan tim perumus masalah lingkungan hidup. Pihaknya juga akan menjelaskan detail teknis debat capres cawapres terkait isu lingkungan hidup. Kabar terbaru, isu lingkungan hidup akan menjadi tema debat cawapres pada 21 Januari 2024.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengatakan ada lima debat capres cawapres dalam pemilu 2024. Rincinya, tiga debat untuk capres dan dua debat untuk cawapres.

“Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres, calon presiden. Debat kedua adalah debat untuk cawapres. Debat yang ketiga adalah debat untuk capres. Debat keempat adalah debat untuk cawapres, dan kelima atau debat yang terakhir itu porsinya adalah untuk debat capres,” ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Rabu (06/12/2023).

Jadwal Debat Capres Cawapres Pemilu 2024

Debat Capres 12 Desember 2023

Tema: Isu Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga

Debat Cawapres 22 Desember 2023

Tema: Isu Ekonomi (ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.

Debat Capres 7 Januari 2024

Tema: Isu Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Debat Cawapres 21 Januari 2024

Tema: Isu Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat Capres 10 Februari 2024

Tema: Isu Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan juga Inklusi.

Info Terbaru Debat Capres Cawapres Pemilu 2024

Itulah informasi terkini mengenai Jadwal Debat Capres Cawapres Pemilu 2024, jangan terlewatkan, kenalilah calon presiden dan wakil presiden, agar Anda tidak salah memilih. Gunakan hak pilih Anda, karena suara Anda yang menentukan kemana negeri ini akan dibawa.

Exit mobile version