Tak Jauh dari Pemukiman Warga, Gunung di Karangsoko Trenggalek Terbakar

tak jauh pemukiman gunung di karangsoko trenggalek terbakar

Hutan kawasan gunung di Karangsoko Trenggalek terbakar/Foto: Raden Zamz (Kabar Trenggalek)

Hutan di Trenggalek dilahap si jago merah. Kebakaran hutan itu terjadi di wilayah Desa Karangsoko, Trenggalek. Titik lokasi kebakaran tidak jauh dari pemukiman warga.

Stefanusi Triadi Atmono, Kalaksa BPBD Trenggalek, dalam keterangan tertulis menjelaskan hutan kawasan gunung di Karangsoko Trenggalek terbakar itu milik perhutani petak 114 A di RT 24 RW 5, Gunung Orak Arik.

“Pada Kamis [28/09/2023] sekitar pukul 15.00 WIB sampai dengan 20.50 WIB, telah terjadi kebakaran hutan milik perhutani petak 114 A yang ada tanaman akasia dan sengon buto,” terang Triadi.

Mulanya api di ketahui warga sekitar yang melihat adanya titik api dari tanah hak milik menjalar ke hutan milik perhutani. Kemudian, pada 18.10 WIB warga menghubungi pemadam kebakaran.

“Pemadaman api dibantu oleh gabungan Instansi terkait Trenggalek termasuk BPBD, Perhutani dan Tiga Pilar Desa Karangsoko serta relawan,” tegas Triadi.

Dalam proses pemadaman api tersebut, petugas dibantu dengan 1 mobil unit Damkar, kemudian jika berada di lokasi yang tidak bisa dijangkau menggunakan gepyok dengan ranting daun.

Sementara itu, kebakaran hutan yang berada di Gunung Orak Arik tersebut berdampak pada kisaran 1 hektare lahan terbakar. Kemudian vegetasi hutan yang terbakar mayoritas ilalang.

“Sampai dengan saat ini penyebab kebakaran belum diketahui sumber api berasal dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh aparat terkait,” tandasnya.

Exit mobile version