Tanah Longsor hingga Rumah Roboh Melanda 6 Kecamatan di Trenggalek dalam Sehari

tanah longsor hingga rumah roboh 6 kecamatan di trenggalek

Tanah longsor di JLS Atas Pasir Putih, Kecamatan Watulimo, Trenggalek/Foto: BPBD

Kabupaten Trenggalek dilanda berbagai bencana alam akibat cuaca ekstrem. Mulai tanah longsor, pohon tumbang, hingga roboh terjadi di berbagai kecamatan dalam sehari.

Awal Juli 2023, Trenggalek hujan tanpa henti saat kemarau. Unit Analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Jawa Timur, mengungkapkan adanya gangguan pada atmosfir.

“Gelombang atmosfer, yang mempengaruhi suplai uap air untuk pertumbuhan awan hujan. Kondisi ini tidak normal terjadi. Oleh karena itu disebut gangguan,” jelas Unit Analisa BMKG Jawa Timur saat dikonfirmasi Kabar Trenggalek.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, melaporkan ada bencana alam di 6 kecamatan pada Jumat (07/072023). Rincinya, 5 tanah longsor di 4 kecamatan, 1 pohon tumbang di 1 kecamatan, dan 1 rumah roboh di 1 kecamatan.

Daftar Bencana Alam Trenggalek Jumat 7 Juli 2023

1. Tanah Longsor Kecamatan Durenan

2. Tanah Longsor Kecamatan Munjungan

3. Tanah Longsor Kecamatan Watulimo

4. Tanah Longsor Kecamatan Watulimo

5. Tanah Longsor Kecamatan Kampak

6. Pohon Tumbang Kecamatan Panggul

7. Rumah Roboh Kecamatan Trenggalek

Atas peristiwa bencana alam ini, BPBD Trenggalek mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem. Mengingat, periode 07-13 Juli 2023 ada potensi timbulnya bencana alam karena cuaca ekstrem, seperti tanah longsor, puting beliung, hujan es, dan banjir.

Exit mobile version