Fenomena Kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Stok di Trenggalek Masih Aman

Stok gas LPG 3 Kg di Trenggalek/Foto: Raden Zamz (Kabar Trenggalek)

Fenomena kelangkaan tabung gas LPG 3 Kilogram (Kg) di Kota Alen Alen Trenggalek tampak aman. Sebab, tidak ada lonjakan pembeli dan stok barang dari agen seperti biasa, Jumat (28/07/2023).

Dari pantauan Kabar Trenggalek di salah satu pangkalan Aloha, didapati stok gas LPG 3 Kg tak ada masalah. Hal itu juga dipaparkan pemilik toko Dwi Hariani.

“Setiap hari aman, tidak ada lonjakan permintaan dari masyarakat,” terangnya saat dikonfirmasi.

Lanjutnya, Dwi Hariani dari agen mendapatkan jatah dalam satu minggu sebanyak dua kali kiriman. Kiriman gas tersebut menurutnya tetap rutin di hari Senin dan Kamis.

“Jatah dari agen lancar, setiap hari Senin mendapat jatah 100 tabung gas LPG 3 Kg dan setiap Kamis mendapat jatah kisaran di 80 tabung,” paparnya.

Terpisah, Rubianto, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Trenggalek menerangkan tak ada kelangkaan gas LPG 3 Kg di Trenggalek untuk saat ini.

Hal itu didasari dari surat Pertamina pada Rabu (12/07/2023), kepada Pemkab Trenggalek mengeluarkan estimasi kuota habis gas LPG 3 Kg, pada 16 November 2023 mendatang.

“Stok di Trenggalek masih aman tidak ada keluhan masyarakat, kami juga sudah bersurat kepada Pertamina pada Juni 2023 kemarin,” terangnya saat dikonfirmasi.

Tambahnya untuk ketepatan penggunaan Gas LPG 3 Kg untuk masyarakat kurang mampu di Trenggalek perlu sosialisasi ekstra. Usaha tersebut kata Rubi sudah dilakukan melalui kegiatan Makarya Ning Desa, Desa Hebat (Mening Deh).

“Harga tetap normal, di Trenggalek stok aman, kami berharap pemanfaat harus bijaksana, biar kita semua bisa menghemat energi,” ujar Rubianto.

Artikel terkait