Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban 2023, Lengkap

tata cara dan doa menyembelih hewan kurban 2023 lengkap

Ilustrasi. Tata cara dan doa menyembelih hewan kurban 2023/Foto: Pexels

Hari Raya Idul Adha diperingati pada Rabu (28/06/2023), oleh beberapa umat Islam, khususnya Muhammadiyah. Sedangkan umat Nahdlatul Ulama (NU) akan melangsungkan Idul Adha pada Kamis (29/06/2023).

Hari Raya Idul Adha juga disebut sebagai Hari Raya Kurban. Sebab, ada tradisi menyembelih hewan kurban seperti sapi ataupun kambing. Oleh karena itu, artikel ini membahas tata cara dan doa menyembelih hewan kurban 2023, lengkap.

Tata cara dan doa menyembelih hewan kurban di artikel ini ada dua versi. Pertama, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah. Lalu kedua, dikutip dari laman resmi NU.

Menyembelih Hewan Kurban versi Muhammadiyah

1. Menggunakan Alat Penyembelihan yang Tajam

“Diriwayatkan dari Syaddad ibn Aus ra. dari Rasulullah saw. beliau bersabda: Ada dua hal yang senantiasa aku jaga yang berasal dari Rasulullah saw. Rasulullah bersabda: “Allah memerintahkan untuk berbuat kebaikan kepada segala sesuatu. Apabila kamu membunuh, maka baguskanlah cara dan keadaan dalam membunuh, dan apabila kamu menyembelih, maka baguskanlah penyembelihannya, dan hendaklah menajamkan pisaunya, dan menenangkan hewan sembelihannya.” (HR Muslim).

2. Menghadapkan Hewan Kurban ke Arah Kiblat

Hewan kurban yang akan disembelih dihadapkan ke kiblat, tepatnya pada bagian leher yang akan disembelih. Sebab, kiblat merupakan arah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan, posisi kepala hewan yang akan disembelih boleh di sebelah utara maupun selatan.

“Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari Muhammad dan umatnya. Bismillahi Allahu Akbar. Kemudian beliau menyembelihnya.” (HR Abu Dawud).

3. Membaca Doa Menyembelih Hewan Kurban

Setelah menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat, dilanjutkan dengan bacaan doa:

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ

“Sesungguhhnya aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan tulus ikhlas dan menyerahkan diri dan aku bukanlah golongan orang-orang musyrik.Sesungguhnya shalatku, pengabdianku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Dzat yang menguasai alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan demikian aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang muslim. Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah (kurban ini) dari-Mu dan untukMu dan dari ….(sebutkan nama shahibul kurban).” (HR Abu Dawud).

4. Menyembelih Hewan Kurban

5. Memutus Tenggorokan dan Dua Urat Nadi di Leher Hewan Kurban

Menyembelih Hewan Kurban versi NU

1. Membaca basmalah

“Bismillâhir rahmânir rahîm”

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Baca Shalawat untuk Rasulullah saw

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Baca Takbir Tiga Kali dan Tahmid Sekali

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Baca Doa Menyembelih Hewan Kurban

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Doa di atas dipanjatkan oleh pekurbannya. Jika penyembelih membacakan untuk orang lain yang berkurban, maka kata minni diganti dengan menyebut nama pekurbannya, misalnya min Hasan.

5. Sunnah dalam Menyembelih Hewan Kurban

Terima kasih sudah membaca artikel di Kabar Trenggalek. Semoga ulasan tentang ‘Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban 2023’ ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Exit mobile version