Inilah 10 Makanan yang Bisa Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

IMG 20230506 WA0022

Buah hati yang mulai menumbuhkan gigi susu/Foto: Canva

Gigi susu atau gigi sulung merupakan sekumpulan gigi yang tumbuh di awal pertumbuhan bayi. Biasanya, gigi susu akan mulai tumbuh saat bayi berusia 5-8 bulan.

Jika Anda punya bayi di rumah, berdasarkan ahli medis ada makanan yang bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi. Kandungan nutrisi dalam makanan ini dapat membantu agar gigi bisa tumbuh optimal.

Gigi susu berperan sebagai penentu untuk tumbuhnya gigi tetap pada bayi. Gigi susu nantinya akan mulai copot saat memasuki usia anak-anak dan tumbuh gigi tetap.

Meski begitu, pada fase pertumbuhan gigi susu bayi bisa saja merasa tidak nyaman bahkan rewel. Karena bayi harus membiasakan diri dengan keberadaan gigi susu ini yang baru tumbuh.

10 Makanan untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

1. Puree atau Bubur Bayi yang Didinginkan

Puree merupakan bubur bayi rasa buah-buahan alami. Makanan ini bisa menjadi salah satu rangsangan agar gigi bayi cepat tumbuh.

Makanan bayi ini cocok diberikan saat giginya belum tumbuh sama sekali. Saat hendak memberikan pada si bayi, Anda bisa mendinginkan terlebih dahulu di lemari es.

Manfaat puree yang dingin bisa mengantisipasi peradangan gusi pada bayi. Namun, sebaiknya hindari memberi makanan yang terlalu dingin. Karena bayi bisa saja tidak nyaman.

2. Sayuran

Gigu susu pada bayi juga bisa cepat dirangsang pertumbuhannya dengan mengkonsumsi makanan kaya akan kalsium. Kandungan kalsium ini bisa Anda peroleh dari sayuran seperti kale, brokoli, bayam, kembang kol, wortel, atau timun.

Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi sayuran juga dapat menjaga kesehatan bayi. Karena selain kaya kalsium, sayuran juga kaya akan mineral dan serat.

3. Ikan

Selain sayuran, si kecil juga perlu mengonsumsi ikan seperti salmon, sarden dalam kaleng, teri, dan tuna untuk merangsang pertumbuhan gigi.

Tak hanya kaya akan protein, ikan juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan gigi bayi.

4. Kacang dan Biji-Bijian

Anda juga bisa memberi makanan pada buah hati dengan makanan yang mengandung kacang dan biji-bijian. Kacang dan biji-bijian ini aeperti kacang almond, kacang Brazil, dan biji bunga matahari.

5. Kedelai

Makanan yang diolah dari kedelai juga bisa merangsang pertumbuhan gigi susu buah hati. Karena makanan ini kaya akan potrein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan gigi.

Ada beberapa pilihan jenis olahan dari kedelai. Seperti susu kedelai, tempe, dan tahu.

6. Buah-Buahan

Buah-buahan segar juga termasuk salah satu makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi. Anda bisa memberikan potongan buah seperti apel, pir, jeruk, dan semangka.

Disarankan oleh Dokter Callista jika hendak memberikan potongan buah-buahan sebaiknya disimpan terlebih dahulu dalam lemari es.

Jika sudah dingin, biarkan si kecil menggigitnya. Potongan buah yang dingin ini bisa membantu meredakan gusi yang meradang akibat proses pertumbuhan gigi.

7. Sereal Gandum

Sereal gandum dan sereal kemasan umumnya sudah difortifikasi dengan tambahan vitamin dan mineral untuk mendukung pertumbuhan gigi bayi.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan sereal yang dikombinasikan dengan susu supaya si kecil mendapatkan kandungan kalsium tambahan. Hal ini bertujuan memenuhi nutrisi harian dan merangsang pertumbuhan gigi si kecil.

8. Produk Susu

Produk susu seperti susu, keju, dan yoghurt menjadi pilihan makanan untuk membantu pertumbuhan gigi dan gusi yang kuat.

Makanan tersebut mengandung kalsium, protein, dan lemak yang tentunya memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang bayi, termasuk dalam pertumbuhan gigi.

9. Daging Merah

Di dalam daging merah kaya akan kandungan fosfor. Kandungan fosfor ini juga terdapat pada telur dan unggas. Kandungan ini bisa membantu pertumbuhan gigi dan membentuk struktur gigi yang kuat.

Ketika mulai MPASI (Makananan Pendamping Air Susu Ibu), Anda bisa memberikan daging tanpa lemak yang telah dihaluskan secara lembut.

10. Makanan Lunak

Yoghurt dingin, keju, daging cincang halus, sayur dan buah tumbuk, merupakan makanan yang memiliki tekstur lunak.

Sejumlah makanan tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi ketika si kecil mengalami gigi tumbuh. Pasalnya, bayi tidak perlu susah payah untuk mengunyahnya.

Demikian 10 makanan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi. Ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan bidan atau tenaga medis lainnya untuk berkonsultasi langsung. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version