Keindahan Pantai Cengkrong Trenggalek, Ada Hutan Mangrove dan Jembatan Galau

keindahan pantai cengkrong trenggalek ada hutan mangrove

Potret wisatawan di Pantai Cengkrong Trenggalek/Foto: @vyynss_ (Instagram)

Kabupaten Trenggalek terkenal dengan wisata pantai yang banyak dan indah. Sisi selatan Trenggalek berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Termasuk, kawasan pesisir selatan Pulau Jawa. Trenggalek dijuluki sebagai Kota Alen-Alen, Kota Tempe Kripik, dan Kota Gaplek.

Oleh karena itu, banyak masyarakat dari berbagai kota yang datang untuk berwisata, salah satunya ke Pantai Cengkrong Trenggalek. Keindahan Pantai Cengkrong semakin terasa dengan adanya hutan mangrove dan jembatan galau.

Pantai Cengkrong merupakan salah satu pantai dengan spot sunrise maupun sunset terbaik di Trenggalek. Lokasi Pantai Cengkrong berada di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo.

Tepatnya, Pantai Cengkrong terletak 3,6 km dari Pantai Prigi, dengan waktu tempuh 7 menit menggunakan motor. Sedangkan jarak Pantai Cengkrong dari Kota Trenggalek yaitu sekitar 37 km, dengan waktu tempuh 1 jam 4 menit menggunakan motor.

Pantai Cengkrong cukup strategis untuk dikunjungi karena berada di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa yang melewati Kabupaten Trenggalek.

Daya tarik Pantai Cengkrong yaitu para wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari mengintip di balik bukit karang. Kondisi pantai yang teduh dan tenang akan membuat pengalaman kemah di Pantai Cengkrong menjadi menyenangkan dan romantis.

Hutan Mangrove Cengkrong

Dua wisatawan sedang berfoto di Hutan Mangrove Cengkrong/Foto: @fathur_r4 (Instagram)

Hutan Mangroove Cengkrong adalah hutan bakau buatan yang terletak di sekitar Pantai Cengkrong. Lokasinya terletak di 4,3 km dari Pantai Prigi, dengan waktu tempuh 8 menit menggunakan motor. Tepatnya berada di sebelah barat Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi.

Para wisatawan bisa menikmati hamparan pohon bakau yang terbentang luas. Selain itu, para wisatawan bisa menghabiskan waktu sepuasnya dengan mengabadikan beberapa foto di Hutan Mangrove Cengkrong.

Akses menuju Hutan Mangrove Cengkrong dipermudah dengan bangunan jembatan kayu. Di bawah jembatan, terdapat aliran Sungai Kalisongo yang menuju Pantai Cengkrong. Jembatan kayu itu dinamai Jembatan Galau.

Jembatan Galau Cengkrong

Video klip Sambel Terasi – Happy Asmara/Foto: DD Star Record (YouTube)

Jembatan Galau adalah sebuah jembatan yang berada di wilayah Pantai Cengkrong, Lokasi Jembatan Galau terletak di 4,3 km dari Pantai Prigi, dengan waktu tempuh 8 menit menggunakan motor.

Di Jembatan Galau atau Jembatan Cengkrong, pengunjung bisa menikmati suasana hutan bakau (mangrove) yang berjejer dengan indahnya. Bahkan, Jembatan Galau pernah jadi lokasi syuting video klip lagu Sambel Terasi oleh Happy Asmara.

Meskipun namanya Jembatan Galau, jembatan ini tidak loyo sama sekali. Jembatan Galau begitu kokoh karena dibangun memakai kayu yang kuat, tahan lama, dan tahan terhadap air laut.

Setelah menyurusi Jembatan Galau sejauh 100 meter, maka wisatawan akan menjumpai bangungan gazebo sederhana yang terkesan melankolis. Gazebo itu bisa digunakan wisatawan untuk tempat berteduh, bersantai atau beristirahat dengan gratis.

Rute Pantai Cengkrong

Potret Pantai Cengkrong Trenggalek/Foto: @sayyid_gurez (Instagram)

Rute Pantai Cengkrong dimulai dari pusat Kota Trenggalek ke arah timur melewati Jalan RayaTrenggalek-Tulungagung, menuju persimpangan Kecamatan Durenan. Dari persimpangan Durenan, kendaraan belok ke kanan atau ke selatan menuju ke Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Saat memasuki persimpangan besar di pusat ibu kota Kecamatan Bandung, pilihlah jalan kanan menuju ke arah Pantai Prigi, Pantai Karanggongso, dan Watulimo. Ikuti jalan tersebut hingga memasuki Kecamatan Watulimo.

Pilihlah jalan ke arah kanan menuju ke Pantai Damas melalui Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Beberapa ratus meter sebelum Jembatan Damas, ada papan kecil bertuliskan nama Pantai Cengkrong.

Demikian artikel tentang keindahan Pantai Cengkrong Trenggalek. Semoga artikel dari Kabar Trenggalek ini bermanfaat untuk Anda semua.

Exit mobile version