Sareng Masak Bu Novita Jadi Andalan Edukasi Stunting di Trenggalek  

Novita Hardini masak sambil edukasi stunting

Novita Hardini masak sambil edukasi stunting/Foto: Kabar Trenggalek

Fenomena stunting di Kota Alen-Alen Trenggalek menjadi atensi bersama. Seperti, edukasi yang harus dilakukan kepada masyarakat.

Tak ayal, dalam upaya menekan angka stunting di Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, selalu menyempatkan beri edukasi di berbagai tempat. 

Seperti saat momen ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ke 50 tahun. Istri Mas Ipin itu beri edukasi Sareng Masak Sama (SMS) Bu Novita. 

Inovasi demikian selaras dengan instruksi Megawati Soekarnoputri kepada daerah untuk melakukan gerakan hidup sehat dengan membuat dapur umum dan melibatkan masyarakat dengan menu sajian bergizi. 

Selain itu, inovasi cetusan Novita tuai hasil yang membanggakan untuk Trenggalek. Pasalnya, meraih penghargaan sebagai Kabupaten dengan penanganan stunting terbaik nasional pada tahun 2020-2022. 

“Inovasi demikian sebagai wujud pencegahan dan pendampingan stunting dari hulu ke hilir. Mulai dari calon pengantin, sampai ibu hamil,” katanya.  

Saat menghadirkan masak di kantor DPC PDIP sebagai sarana menyebarluaskan edukasi. Selain itu, bagaimana memasak menarik dan bergizi sehingga bisa memikat anak anak untuk konsumsi. 

“Ini adalah salah satu inovasi penanganan stunting yang mengantarkan Kabupaten Trenggalek mendapatkan juara penanganan stunting terbaik nasional dua tahun berturut-turut,” ujar Novita. 

Ikan mempunyai kandungan nutrisi yang paling lengkap, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. 

“Ikan adalah kombinasi yang paling sempurna gizinya, karena kandungan zinc nya tiga kali lipat” ujar wanita yang getol menangani stunting di Trenggalek.

Tambahnya, ia mengajak seluruh kader dan simpatisan PDI Perjuangan dan seluruh komunitas untuk turut serta berjuang mendampingi masyarakat tentang bagaimana cara mengolah ikan yang tidak hanya digoreng saja. 

“Ikan bisa diolah sedemikian rupa sehingga menarik. Harapannya hal ini bisa menjadi salah satu bentuk inspirasi bagi masing-masing ranting,” tandasnya. 

Exit mobile version