TRENDING

Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek Berlanjut : Fokus Lihat Struktur Bangunan

Terbit:

Kabar Trenggalek Ekskavasi situs Gondang Trenggalek berlanjut pada tahap dua. Ekskavasi dilakukan Badan Pelestarian Kebudayaan (BPK) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, Kamis (10/11/2022).

Ekskavasi situs Gondang yang kedua kali ini adalah upaya menindaklanjuti ekskavasi tahap pertama yang dilakukan pada 3 bulan yang lalu. Tak ayal pada tahap dua ini akan berlangsung selama enam hari. 

advertisement

Andi Mohammad Said, Pamong Budaya Ahli Madya BPK Wilayah XI Jawa Timur mengatakan selama ekskavasi tahap dua enam hari kedepan akan fokus pada identifikasi situ gondang itu.

Baca: Batu Merah dan Arca Jadi Temuan Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek

Sebelumnya, tutur Andi bahwa Ekskavasi tahap dua tiga bulan yang lalu masih tahap pembukaan sisi timur saja dan menemukan arca, untuk kedepan akan lebih fokus penggalian di sisi barat.

Batu Merah dan Arca Jadi Temuan Ekskavasi Situs Gondang Trenggalek

“Kami akan memanfaatkan waktu enam hari ini untuk membuka secara utuh. Supaya bisa melihat dimensinya, ukuran dan mengidentifikasi situs gondang itu,” ungkap Andi. 

Dal ekskavasi kedua itu menemukan arca kembali jenis Agastya, arca yang terbuat dari batu putih namun cukup keras dan Dirinya menemukan reruntuhan batu bata merah di sekitar lokasi.

Baca: Situs Gondang Jadi Temuan Baru Cagar Budaya Trenggalek

advertisement

“Dugaan kami candi ini runtuh sebelum tertimbun longsor, kemudian ceritanya ada warga yang dulunya memanfaatkan runtuhan itu sebagai bangunan,” katanya. 

Tambahnya, jika nanti proses pembukaan situs gondang itu selesai dan bangunan sudah nampak. Dirinya akan memberikan rekomendasi kepada pihak Pemerintah Daerah (Pemda).

“Enam hari akan kami buka secara luas dalam penggalian bangunan, supaya kedepan pemerintah daerah bisa melihat dan menatanya,” ujar Andi. 

advertisement

TERBARU

9 Wisata Kuliner Trenggalek Maknyus yang Wajib Dikunjungi, Lengkap Link Google Maps

Kabar Trenggalek - Bicara soal tempat wisata, pasti tak pernah lepas dengan wisata kulinernya....

Care Bebek, Gus Samsudin Feat Minthul Woko Channel, Lagi Lagi Trending YouTube Musik

Kabar Trenggalek - Gus Samsudin sempat kontroversial akibat pengobatannya dibongkar Pesulap Merah. Namun, ketenaran...

Hari Guru Nasional 2022, Wakil Bupati Trenggalek Tekankan Pentingnya Merdeka Belajar

Kabar Trenggalek - Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, menghadiri kegiatan sarasehan dalam rangka...

TOPIK TERKAIT